Rokhmin Dahuri angkat soal Pembangunan Berkelanjutan pada Konferensi Internasional di Cina dan Korea

MONITOR, Jakarta – Pakar kelautan dan guru besar IPB, Prof. Rokhmin Dahuri akan diundang pada konferensi internasional tentang perubahan iklim global dan perikanan yang akan berlangsung di Cina pada 6 November 2018. Sehari setelahnya, pada 7 November 2018, mantan menteri kelautan dan perikanan itu akan berbicara pada forum di Seoul, Korea Selatan.

Pada International Conference on Global Climate Change and Fisheries di Qingdao, China dan Seoul, Korea, Rokhmin mengatakan bahwa forum tersebut menjadi kesempatan berharga sebagai bentuk komitmen Indonesia kepada dunia mendorong implementasi revolusi industri 4.0 berbasis pembangunan berkelanjutan.

“Kita sudah memiliki road map atau peta jalan industri 4.0 yang bercirikan pada pemanfaatan teknologi dan ekonomi. Berbekal itu, Saya ingin menegaskan pentingnya komitmen bersama antar bangsa untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, mengedepankan prinsip keadilan dan mendorong kesejahteraan bagi dunia,” katanya di Jakarta, Jum’at (2/11).

Widget Situasi Terkini COVID-19



Ia menegaskan, saat ini masyarakat dunia harus sadar bahwa dengan saat ini kondisi global yang semakin dicirikan sebagai VUCA – Volatile, Uncertain, Complex, and Ambiguous (disruption) atau tidak stabil, tidak pasti, kompleks, dan ambigu (gangguan) – permintaan manusia yang tak pernah terpuaskan akan kualitas barang, produk, dan jasa yang semakin tinggi akan terus meningkat, sementara pada saat yang sama ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan untuk memuaskan permintaan manusia.