Objek Sepanjang 20 Meter Ditemukan di Perairan Karawang

MONITOR, Jakarta – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Rigel-933 dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) menemukan objek yang diduga badan pesawat Lion Air JT 610 di kawasan perairan Karawang, Jawa Barat.

Namun, belum bisa dipastikan apakah benda itu merupakan bagian dari pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin 29 Oktober 2018. Objek sepanjang 20 meter di bawah laut di Tanjung Karawang itu terdeteksi KRI Rigel-933.

“Sedang didalami,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI AL Kolonel Laut Mohamad Zaenal, Rabu 31 Oktober 2018. Menurutnya, benda itu ditemukan berkat teknologi pemindai yang ada di kapal Rigel.

Kadispen Komandon Armada I, Letkol Laut (P) Agung Nugroho, mengatakan beberapa personel telah diterjunkan ke bawah laut untuk memastikan temuan. “Penyelam untuk meyakinkan visual. Itu objeknya apa,” katanya.

Sementara itu, Basarnas juga menemukan objek yang diduga badan pesawat Lion Air JT 610 di kawasan Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

“Tadi kami mendapatkan informasi dari saksi diperkirakan ada objek yang diduga badan pesawat,” kata Direktur Kesiap Siagaan Basarnas, Didi Hamzar. Menurutnya, penduduk sempat melaporkan kepada petugas di lapangan bahwa ada objek berukuran besar di laut.

Namun, Didi belum bisa menjelaskan lebih lanjut temuan tersebut. Selain itu, objek yang diduga bangkai pesawat Lion Air JT 610 juga terdeteksi oleh sonar pemindai. Saat ini, kata dia, tim sedang menyelam untuk memastikan temuan objek tersebut. Didi menyebutkan, 100 penyelam sudah dibagi di lima titik di pantai Tanjung Pakis.

Didi menyebutkan, kemungkinan objek yang diduga titik bangkai pesawat Lion Air JT 610 ini berada di ke dalaman 30-35 meter. “Saat ini tim masih di lapangan untuk mengecek objek tersebut,” ujarnya.

Pesawat Lion Air JT 610 jatuh setelah hilang kontak pada Senin, 29 Oktober 2018. Pesawat dengan tujuan Pangkalpinang itu membawa 181 penumpang dan 8 awak kabin.

Untuk mencari pesawat tersebut, Tim Basarnas mengerahkan seratus penyelam untuk memastikan objek yang diduga bangkai pesawat Lion Air JT 610. “Saat ini 100 penyelam sedang memastikan objek yang diperkirakan body pesawat,” ujar Didi.

Dijelaskannya, 100 penyelam tersebut dibagi di lima titik pencarian di kawasan Pantai Tanjung Pakis dan Pantai Tanjung Kerawang. Menurut dia, titik duga objek bangkai pesawat Lion Air JT610 itu tidak jauh dari radius titik jatuh yang diduga sebelumnya.