Jasa Marga Raih Dua Penghargaan BUMN Hadir Untuk Negeri Award 2018

1026

MONITOR, Bontang – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang BUMN Hadir Untuk Negeri Award 2018 di Hotel Equator Bontang, Kalimantan Timur, Senin 29 Oktober 2018.

Dua program unggulan yang meraih penghargaan yaitu Terbaik I Program Siswa Mengenal Nusantara-BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Tahun 2017 dan Terbaik II Program Bedah Rumah Veteran (BRV) Periode 2015-2017 Kategori 100-200 Rumah.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno dan diterima oleh Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani.

Program BHUN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan konsisten dilakukan oleh BUMN sejak tahun 2015 merupakan upaya mewujudkan peran BUMN sehingga manfaat BUMN bagi masyarakat benar-benar dapat hadir di tengah masyarakat.

Seleksi untuk program BHUN Award dilakukan dari bulan September 2018. Juri BHUN Award 2018 berasal dari kalangan internal dan eksternal.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada BUMN yang telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2017. Penyelenggaraan Program BHUN Tahun 2017 yang dilaksanakan di Provinsi Bali merupakan sinergi BUMN, Jasa Marga-Surveyor Indonesia-Indonesia Tourism Center Development Corporation (ITDC).

Adapun rangkaian Program BHUN Tahun 2017 di Provinsi Bali meliputi Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Bedah Rumah Veteran, Jalan Sehat 5 Km, Upacara Bendera 17 Agustus, dan Pembinaan Mantan Atlet. Kriteria penilaian BHUN Award dimulai dengan pengumpulan laporan dari masing-masing BUMN. Kemudian, dilanjutkan dengan rekapitulasi self assesment dari seluruh BUMN.
Formulasi penilaian juga turut melibatkan pihak eksternal independen. Selanjutnya, masing-masing BUMN melakukan presentasi. Terakhir adalah penjurian final pada tanggal 25 September 2018 oleh Dewan Juri yang berasal dari internal dan eksternal Kementerian BUMN.

Desi Arryani menyatakan, bahwa program BHUN yang dilaksanakan merupakan wujud sinergi BUMN yang positif antara Jasa Marga-Surveyor Indonesia dan ITDC. Khususnya Program SMN yang menjadi wadah edukasi mengenalkan peran BUMN bagi pembangunan Indonesia khususnya generasi muda. Menariknya program SMN juga mengajak peserta dari difabel.

Program SMN bertujuan untuk mewujudkan rasa nasionalisme sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara. Program yang berlangsung dari tanggal 16 sampai 24 Juli 2017 merupakan program pertukaran pelajar setingkat SMA dan Sederajat, di mana 20 orang siswa terpilih tingkat Provinsi Bali dikirim ke Provinsi Maluku Utara untuk mengikuti kegiatan yang dikelola oleh BUMN lainnya.