TIM Bakal Punya Wajah Baru di 2019

Taman Ismail Marzuki

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI akan melakukan revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat pada 2019 mendatang.

Selain melakukan revitalisasi terhadap TIM, pada saat yang bersamaan juga akan dilakukan revitalisasi Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) H.B Jassin. “Revitalisasi TIM dan PDS H.B Jassin akan kita lakukan pada 2019 mendatang,” ujar Asiantoro, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan review master plan TIM serta melakukan koordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DKI terkait dengan PDS H.B Jassin. “Harapannya, tahun depan sudah ada hasil yang signifikan dari program revitalisasi ini,” jelasnya.

Kepala Unit Pengelola (UP) Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (PKJ TIM), Imam Hadi Purnomo menuturkan, revitalisasinya mencakup keselurahan kawasan TIM termasuk Planetarium dan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin.

Dengan kata lain, perwajahan TIM akan diubah dengan menambahkan unsur kehijauan, air, tempat berkreasi, perpustakaan, hingga tempat pertunjukan. “Tepat dengan HUT TIM yang ke-50 yatu pada 10 November 2018 akan diumumkan hasil review master plan revitalisasi TIM oleh Gubernur DKI Jakarta,” tuturnya.

Ditambahkan Imam, untuk revitalisasi pihaknya menjalin kerja sama dengan Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan untuk pembangunannya akan dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro). “Sedangkan pengerjaan revitalisasinya dirancang oleh arsitek Andra Matin,” tandasnya.