Jumat, 29 Maret, 2024

Tinjau Stadion GBK, Jokowi Dorong Perbaikan Fasilitas Ramah Difabel

MONITOR, Jakarta – Fasilitas umum bagi penyandang disabilitas mulai dipenuhi di beberapa titik di ibukota, salah satunya kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Terlebih Presiden Jokowi mendorong agar semua provinsi, kota hingga kabupaten menyiapkan fasilitas ramah terhadap disabilitas.

Hal demikian diungkapkan Jokowi saat meninjau sejumlah fasilitas Stadion GBK bersama Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Jokowi pun meninjau toilet umum yang berada di depan SU-GBK, serta akses masuk ke tribun penonton di Zona 5 SU-GBK, termasuk mushola dan trotoar.

“Saya kira 80 persen sudah baik,” kata Presiden Jokowi, Selasa (16/10).

Lebih jauh mantan Gubernur DKI ini menambahkan, perbaikan fasilitas ramah disabilitas bisa diambilkan dari insentif atau dikaitkan dengan fasilitas pajak. Untuk wilayah DKI Jakarta, Jokowi meyakini sudah menerapkan hal itu.

- Advertisement -

“Mungkin bisa saja dengan cara diberikan insentif atau dikaitkan dengan fasilitas pajak, atau mungkin izin layak fungsi, semuanya. Saya kira di DKI Jakarta sudah ada beberapa yang menerapkan itu, layak fungsi dikaitkan dengan izin-izin itu,” kata Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER