Kamis, 25 April, 2024

Istighotsah Kubro dan Jalan Sehat Santri Ditunda 28 Oktober, Ini Alasannya

MONITOR, Surabaya – Setelah mempertimbangkan banyak masukan dari berbagai kalangan, akhirnya panitia istighotsah kubro dan Jalan sehat Sahabat Santri yang akan diselenggarakan 21 Oktober, digeser sepekan kemudian yakni Ahad, 28 Oktober. Lokasi kegiatan Istighotsah tetap yakni di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Begitupun rangkaian kegiatan lain seperti Jalan Sehat Sahabat Santri Tetap di Mulai dari Alun Alun Sidoarjo dan Finish di Parkir Timur GOR Sidoarjo.

Kepastian ini disampaikan KH Reza Ahmad Zahid melalui surat resminya yang dikirim ke sejumlah insan media hari ini, Selasa (16/10). “Ini setelah merespon berbagai masukan dari berbagai pihak, maka kegiatan kami harus Tunda” kata Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua PWNU Jatim tersebut.

Pertimbangan utama karena pada hari yang berdekatan banyak rangkaian kegiatan hari santri yang hampir bersamaan. “Pada tanggal 21 Oktober di berbagai daerah se-Jawa Timur banyak kegiatan serupa dalam rangka menyemarakkan hari santri nasional,” kata Gus Reza, sapaan akrabnya.

“Sehingga dengan berbagai pertimbangan tersebut, maka istighotsah kubro dan Jalan Sehat Sahabat Santri tersebut dilaksanakan pada 28 Oktober 2018,” jelasnya.

- Advertisement -

Dalam pandangannya, penundaan ini juga dimaksudkan agar persiapan pelaksanaan kegiatan dapat lebih maksimal. “Harapannya istighotsah kubro dapat terlaksana dengan khusyuk dan khidmat dalam mendoakan keselamatan dan persatuan bangsa,” ungkapnya.

Pada saat yang sama, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur sangat mengapresiasi banyaknya kegiatan resepsi yang berlangsung 21 Oktober di sejumlah daerah. “Ini menunjukkan bahwa hari santri sudah menjadi kebanggaan masyarakat,” kata Wakil Ketua PWNU Jatim ini.

Di akhir surat tersebut, PWNU Jawa Timur mengajak seluruh kalangan hadir pada kegiatan istighotsal kubro tersebut. “Kami mengajak masyarakat untuk menghadiri puncak peringatan hari santri dan Resolusi Jihad pada tanggal 28 Oktober dengan kegiatan istighotsah kubro demi keselamatan dan persatuan bangsa di Stadion Gelora Delta Sidoarjo,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER