Panas Menyengat, Suhu di Kota Solo Hingga 37 Derajat

ilustrasi

MONITOR, Solo – Beberapa hari terakhir, cuaca dan hawa yang lebih panas dari biasanya sangat terasa oleh banyak orang dan di berbagai daerah.

Seperti di Kota Solo. Beberapa hari terakhir, cuaca di kota itu lebih panas dari biasanya. Suhu maksimal harian tercatat bisa mencapai 37 derajat celsius.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, suhu rata-rata Kota Solo 36 derajat celsius. Suhu di angka tersebut juga dirasakan di beberapa wilayah Jawa Tengah, terutama Semarang.

“Rata-rata 36 derajat celsius. Kalau di Semarang paling tinggi bisa 38 derajat, kalau Solo di bawahnya, 37 derajat,” kata Kasi Data Infokom BMKG Jawa Tengah, Iis Widyaharmoko, Kamis 11 Oktober 2018.

Sementara itu, Pembina Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) Sukoharjo, AR Sugeng Riyadi mengatakan cuaca panas ini juga berkaitan dengan fenomena hari tanpa bayangan. “Memang sebelum dan sesudah fenomena hari tanpa bayangan ini biasanya lebih panas dari biasanya,” katanya.

Menurutnya, puncak dari hari tanpa bayangan akan terjadi di Solo pada Sabtu 13 Oktober pukul 11.23 WIB. Saat itu, matahari akan benar-benar berada di atas kepala, sehingga seakan-akan bayangan benda di bumi tidak tampak.

“Matahari kan saat ini semakin hari akan bergerak ke selatan. Pada Sabtu besok, matahari akan tepat di atas Kota Solo,” ujarnya.