Sabtu, 20 April, 2024

Semangat Pra TMMD Kejar Target Sasaran Kegiatan

MONITOR, Sleman – Persiapan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke 103 yang diadakan Komando Distrik Militer (Kodim) 0732/Sleman di desa Balecatur, Kecamatan Gamping melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Pra TMMD yang sudah di mulai mampu mendorong semua unsur masyarakat untuk turun langsung dalam pengerjaan talud jalan.

Suharyanto(40) Ketua RT 03, terus berupaya mendorong para warganya untuk mendukung kegiatan TMMD. Cuaca yang tidak menentu tidak menyurutkan semangatnya untuk turut berkontribusi bersama jajaran Kodim Sleman menyelesaikan pekerjaan di lokasi TMMD.

“Sebagai yang dituakan saya harus memberi contoh kepada warga disini untuk ikut serta bersama jajaran TNI, tidak hanya sekedar memberi perintah saja.Meskipun hujan deras, bukanlah halangan bagi kami untuk tetap membantu menyelesaikan sasaran TMMD,” kata Suharyanto saat ditemui di lokasi TMMD. Minggu (7/10/2018)

Proses pembangunan talud jalan desa yang sudah dimulai sejak…… Maret 2018 yang lalu, semakin hari mulai membuahkan hasil.Kerja keras warga Desa Balecatur yang secara bergilir membantu TNI Kodim Sleman menjadi kekuatan untuk penyelesaian pengerjaan pembuatan jalan.

- Advertisement -

“Kami sudah menjadwal setiap RT secara bergiliran untuk ikut membantu bergotong royong bersama TNI dalam pra TMMD ini sampai dengan selesainya TMMD nantinya.Hal ini kami lakukan agar pekerjaan ini tidak terbengkalai begitu juga warga bisa bergantian membantu agar tidak bosan,” ungkap Bulana sukardi ,Kepala Dusun (Kadus) Desa Balecatur

Keberlangsungan pra TMMD Reguler Ke 103, ternyata mampu menumbuhkan rasa kebersamaan antara warga desa dan jajaran TNI yang berdampak baik bagi warga di lokasi TMMD. Pembangunan talud  jalan  di Desa Balecatur diharapkan mampu meningkatkan perekonomian desa dan mempermudah transportasi.

“Selain itu juga dengan TMMD ini mampu menumbuhkan kembali budaya sengkuyung atau gotong royong yang selama ini mulai berkurang. Mudah-mudahan selesainya TMMD ini, budaya gotong royong akan tetap berjalan dengan baik,” ujar misbah warga RT 03 yang bekerja sebagai pengrajin tas.

Senada dengan Suharyanto, Ketua RT 03 Desa Balecatur mengemukakan, di awal pra TMMD ada beberapa warganya yang masa bodoh dengan adanya TMMD di desanya.Namun, hal itu tidaklah menciutkan dirinya untuk terus menumbuhkan kesadaran warganya melalui pendekatan yang didampingi Bintara Pembina Desa (Babinsa).

“Kita tidak pernah memaksa mereka untuk ikut berpartisipasi dalam TMMD, Namun atas kesadaran masing-masing akhirnya warga bisa bergantian membantu mengerjakan pembuatan talud ini,” tutur Suharyanto.

Selain warga desa, Persatuan Istri Tentara (Persit) Cabang XXXIII Kodim 0732/Sleman juga turut andil dalam pelaksanaan TMMD Reguler ke 101. Menurut Ketua Persit Cabang XVII Kodim 0732/Sleman, Ny Diantoro menjelaskan pelaksanaan TMMD di Desa Balecatur akan dijadikan sebagai ajang silaturahmi bersama seluruh anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) jajaran Koorcab Rem 072/PMK.

“Untuk menyukseskan kegiatan TMMD ke 103, kami akan turut berpartisipasi di dalamnya.Kami juga akan mengerahkan anggota Persit di ajang Pembukaan TMMD sekaligus menyambut kehadiran Gubernur dan Pangdam IV/Diponegoro beserta rombongan,” ucap ibu Diantoro saat ditemui di Balai Desa Setempat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER