Anies Bisa Terseret Kasus Hoak Ratna Serumpaet

Potongan berkas disposisi bantuan Gubernur DKI untuk Ratna Sarumpaet

MONITOR, Jakarta – Kabar mengejutkan datang dari lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Ini terkait soal adanya dugaaan Gubernur Jakarta Anies Baswedan bisa terseret dalam kasus penyebaran Hoak yang dilakukan oleh aktivis perempuan Ratna Serumpaet.

Dengan kekuasaannya sebagai orang nomor satu di Jakarta, Anies disebut-sebut ikut memfasilitasi kepergian Ratna Serumapaet ke Chilie. Sementara seperti diketahui Rana Serupaet ditangkap pihak kepolisian dalam hal ini Polda Metro Jaya sebelum di Bandara Soekarno Hatta ketika hendak bertolak ke Chile.

Dari data yang diperoleh MONITOR, Sebelum bertolak untuk menghadiri acara kesianian di Chilie, Ratna Serumpaet ternyata sempat berkirim surat kepada Anies, dalam surat tersebut Ratna Serumpaet meminta agar Anies bisa memfasilitasi kepergiannya ke Chile.

“Surat di buat Ratna Serumpaet ke Anies tertanggal 31 Januari. Surat itu langsung ditanggapi Anies untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta,”ungkap sumber MONITOR dilingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Sumber ini pun menyebutkan, dengan adanya diposisi dari gubernur agar dinas pariwisata segera menindaklanjuti permohonan Ratna Serumpaet bukan tidak mungkin fasilitas itu sudah diterima Ranta.

“Berapa nilainya atau fasilitas apa yang diberikan Pemprov DKI untuk Ratna Serumpaet saya tidak tahu. Mungkin bisa ditanyakan langsung ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan langsung,”terangnya.

Sementara itu dalam keterangan tertulisnya yang di terima MONITOR, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta, mengamini kalau Ratna Serumpaet pernah berkirim surat ke Pemprov DKI dalam kepergiannya ke Chile untuk menghadiri konferensi. Konferensi tersebut rencananya akan berlangsung dari tanggal 7-12 Oktober mendatang.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemprov DKI Jakarta Asiantoro mengatakan, Pemprov DKI pada tanggal 31 Januari 2018 mendapatkan surat permohonan dari Ratna Sarumpaet. Pada suratnya, Ratna meminta untuk difasilitasi kehadirannya pada acara The 11th Women Playrights International Conference 2018 di Santiago, Chili.

Dalam surat dengan perihal permohonan sponsor tersebut, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa konferensi tersebut adalah kongres tiga tahunan yang digelar di berbagai negara. Ratna mengaku sebagai salah satu anggota senior di kongres tersebut.

“Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI,” ujarnya, Kamis malam (4/10).

Letter of Invitation tersebut dikirimkan ke Ratna tertanggal 17 Oktober 2017. Dalam suratnya panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta. Serta mengikuti berbagai kegiatan lainnya.

Surat permohonan tersebut kemudian diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 Februari 2018. Kemudian surat tersebut didisposisikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.