Jumat, 29 Maret, 2024

Satelit Merah Putih Telkom Mulai Beroperasi

MONITOR, Jakarta – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mulai mengoperasikan secara penuh satelit Merah Putih yang telah diluncurkan pada Selasa pagi (7/8) pukul 01.18 waktu Florida atau pukul 12.18 WIB dari SLC 40 Cape Canaveral Air Force Station di slot orbit 108 Bujur Timur (BT).

Seperti yang di kutip Indotelko.com, “Saat ini Satelit Merah Putih telah dioperasikan secara penuh oleh Telkom setelah menjalani rangkaian tes di slot orbitnya,” ungkap VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, Pada IndoTelko, Senin (13/9).

Dikatakannya, dalam kegiatan In Orbit Test (IOT) selama 25 hari sejak 18 Agustus lalu tak ditemukan masalah di satelit tersebut. “Sekarang sedang proses loading trafik dan lainnya,” tukasnya.

Satelit Merah Putih membawa 60 transponder yang terdiri dari 24 transponder C-Band dan 12 transponder Extended C-Band dengan usia desain 16 tahun. Satelit ini direncanakan akan beroperasi melayani wilayah Indonesia serta negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan.

- Advertisement -

Satelit ini akan menghadirkan layanan komunikasi broadband di area-area yang tidak dapat dijangkau oleh teknologi fiber optic maupun sistem komunikasi lainnya, khususnya di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER