Jumat, 29 Maret, 2024

Pilih Wagub dari Gerindra atau PKS? Ini Sikap PDIP

MONITOR, Jakarta – Proses pengisian kursi Wakil Gubernur (Wagub) Jakarta, tinggal menunggu waktu. Pasalnya, surat Keputusan Presiden (Kepres) terkait pengunduran diri Sandiaga Uno dari posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah dikeluarkan Presiden Joko Widodo pada hari Senin (18/9) kemarin.

Dengan keluarnya Kepres tersebut, PKS dan Gerindra sebagai partai yang berhak mengusulkan nama kandidat wagub, bisa secepatnya menyodorkan nama-nama calon wagub tersebut ke meja DPRD Jakarta untuk dipilih.

Menyikapi hal ini, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI, Gembong Warsono, mengatakan sampai saat ini fraksi PDIP masih menunggu proses tersebut dilakukan oleh kedua partai pengusung.

Adapun mekanismenya, dijelaskan Gembong, kedua partai pengusung menyodorkan masing-masing calon wagub pengganti kepada Gubernur Anies Baswedan sebelum dipilih melalui DPRD DKI Jakarta.

- Advertisement -

“Kita masih menunggu, nama-nama calon wagub itu disampaikan kepada Gubernur, kemudian Gubernur sampaikan ke DPRD untuk dipilih,” kata Gembong di Gedung DPRD, Kamis (18/9).

Lantas kemanakah arah dukungan fraksi PDI Perjuangan yang memiliki 28 kursi di DPRD?

“Gimana mau bilang pilih yang mana. Baik Gerindra maupun PKS belum ada yang menyodorkan nama secara resmi ke dewan,” jawab Gembong.

Kalaupun ada nama yang akan disodorkan oleh PKS dan Gerindra itu, kata dia, baru sebatas “katanya” alias belum resmi.

“Itu kan nama-nama yang rame dimainkan lewat berita baru isu saja,” terangnya.

Gembong enggan membeberkan, terlebih sejumlah nama-nama yang muncul dari Gerindra maupun PKS masih sebatas isu yang belum disampaikan secara resmi oleh Gubernur dan masing-masing partai tersebut.

Karena hanya sebatas isu, Gembong pun kembali menegaskan kalau fraksinya belum bisa menyatakan sikap sebelum nama-nama yang muncul tersebut resmi menjadi calon wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno.

“Sikap fraksi PDIP jadi jelas ya. Nanti kita putuskan, karena kita tidak mau berandai-andai soal ini,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER