Jumat, 29 Maret, 2024

Garap Generasi Milenial, Mentan Amran Resmikan Enam Politeknik Pertanian

MONITOR, Bogor – Kementerian Pertanian (Kementan) kembali melakukan terobosan dalam mempercepat pembangunan pertanian berbasis teknologi dan generasi muda pertanian yang unggul dan inovatif. Terobosan tersebut melalui transformasi lembaga pendidikan dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian ke Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan).

Launching Polbangtan ini dilakukan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dan dihadiri oleh Dirut Bulog, Budi Waseso, perwakilan Kemenristek Dikti, Memenpan RB, Kementerian PUPR, Kemenpora, Kemendes, Kemensos dan Bappenas serta perwakilan dunia usaha dan industri.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman

Mentan Amran menekankan, pembangunan Polbangtan tidak hanya sekedar dijadikan simbol. Namun, harus menjadi wadah yang mampu menciptakan generasi muda pertanian yang inovatif dan menjadi pelaku usaha. Bahkan sebagai wadah lahirnya berbagai teknologi pertanian baru yang modern dalam meningkatkan produksi, nilai tambah dan kesejahteraan petani. Sebab, tanpa teknologi, sektor pertanian tidak mungkin bisa maju dan bersaing dengan pertanian negara lain.

“Kami mimpikan Indonesia khususnya sektor pertanian tidak lagi impor alat mensin pertanian. Kita harus produksi sendiri. Saya minta rancang model alat mesin pertanian modern. Saya juga minta wajibkan seluruh profesor riset mengajar di Polbangtan agar menghasilkan generasi muda pertanian yang unggul dan bisa menghasilkan temuan teknologi pertanian yang baru,” ujar Amran pada Launching enam Polbangtan se Indonesia yang secara simbolis dilakukan di Polbangtan Bogor, Selasa (18/9).

- Advertisement -

Karenanya, Amran meminta agar Polbangtan harus bersinergi dengan Badan Litbang Pertanian dan berbagai lembaga riset baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan pihak Polbangtan agar melakukan studi banding ke politeknik terbaik di dunia.

“Jika ingin wajah pertanian berubah, kita mulai dari Polbangtan ini. Polbangtan harus bersinergi dengan balitbangtan. Polbangtan harus bisa menghasilkan teknologi,” ujarnya.

“Misalnya teknologi bisa tingkatkan produksi dan yang bisa mengubah lahan kering dan rawa menjadi lahan produktif. Potensi lahan kering dan rawa kita sangat luar biasa, jika bisa dioptimalkan indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia, impor kita stop,” sambung Amran.

Kepala Badan Pengembangan Penyuluhan dan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Momon Rusmono menjaskan bahwa launcing Polbangtan merupakan momentum bersejarah bagi dunia pendidikan pertanian lingkup Kementerian Pertanian. Enam Polbangtan telah terbentuk dari hasil transformasi STPP, meliputi Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta Magelang (YOMA), Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa dan Polbangtan Manokwari.

“Transformasi STPP menjadi Polbangtan tidak sekedar perubahan nama, namun lebih dari itu adalah bagaimana mengelola Polbangtan ini menjadi perguruan tinggi vokasi yang menghasilkan lulusan kompeten. Juga dapat menjawab tantangan menciptakan inovasi teknologi dan segala informasi terkini harus dengan mudah diakses dan diterapkan sehingga generasi muda akan tertarik dunia pertanian,” jelas Momon.

Dengan begitu, lanjutnya, lulusan Polbangtan nantinya diharapkan tidak hanya mengisi kebutuhan tenaga kerja pertanian. Namun lebih penting lagi dapat menjadi wirausahawan bidang pertanian.

“Nantinya peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian bisa tercapai, selain juga menyerap tenaga kerja yang kompeten dengan bidang kerjanya,” sebut Momon.

Dirut Bulog, Budi Waseso menilai Menteri Pertanian memiliki gebrakan yang luar biasa dalam memajukan pembangunan pertanian. Capaian pangan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini, tapi juga menjadi Indonesia ke depannya terus berdaulat pangan bahkan menguasai pasar ekspor.

“Saya bangga dengan menteri pertanian karena berjuang luar biasa. Hari ini meresmikan menentukan indonesia ke depan berdaulat pangan. Ke depan kita akan ekspor pangan,” ujar pria yang akrab disapa Buwas.

“Sebenarnya kita ini sudah surplus pangan. Tapi kenapa ada orang yg tdk bangga dan bahkan justru tenggelamkan surplus ini. Terus impor. Ini untuk apa? Faktanya ada hasil penelitian, kedelai impor, kualitas dan kandungan di dalamnya jauh lebih bagus kedelai lokal,” pintanya.

Karena itu, Buwas yakin ke depan Sektor Pertanian Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia. Hal ini terlihat dari semangat hari ini yang dilakukan Menteri Pertanian dengan membangun Politeknik Pertanian untuk mencetak generasi muda pertanian yang unggul. Ini sejalan dengan konsep Presiden pertama RI, Soekrnao dengan membangun IPB.

“Saya punya keyakinan, indonesia benar-benar menunjukkan giginya ke depan pertanian akan jaya. Saya berharap dengan mulai dilaunchingnya Polbangtan, saya yakin produk pangan kita ke depan akan jaya. Saya harap secepatnya ada produk-produk pangan dari polbangtan sehingga kita tidak perlu impor,” ungkapnya.

“Saat ini beras kita surplus di saat kondisi musim kemarau. Produksi beras ke depan di tahun 2018 ini masih ada 12 juta ton. Sehingga sampai Juli tahun 2019, kita tidak perlu impor beras. Kalau hasilnya seperti ini, masa harus impor? Ini kan mubajir jika kita impor,” pinta Buwas.

Perlu diketahu, di tahun pertama penerimaan mahasiswa baru, Polbangtan membuka 13 Program Studi yaitu Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Penyuluhan Perkebunan Presisi, Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan, Teknologi Mekanisasi Pertanian, Kesehatan Hewan, Agribisnis Hortikultura, Agribisnis Peternakan, Teknologi Pakan Ternak, Teknologi Produksi Ternak, Teknologi Benih, Budidaya Tanaman Hortikultura dan Budidaya Ternak.

Pada launching ini pun dilakukan penandatanganan kerjasama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian. Kerjasama dilakukan dalam berbagai kegiatan, utamanya untuk penyelenggaraan Teaching Factory dan pemagangan/pelatihan dalam penyelenggaraan pendidikan. Perusahaan itu yakni PT Astra Agro Lestari Tbk; PT Samporna Agro Tbk; PT Charoen Phokphan; PT Japfa Comfeed; PT East West Seed; dan PT Sabila Farm.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER