Rabu, 24 April, 2024

Raihan Medali Asian Games jadi Modal Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

MONITOR, Jakarta – Sukses beberapa cabang olahraga tim Indonesia di ajang Asian Games 2018 menjadi modal berharga untuk menghadapi Olimpiade Tokyo 2020. Selain Bulutangkis dan Angkat Besi yang selama ini menjadi andalan, cabor Karate dan Panjat Tebing patut diperhitungkan menuai medali.

Menuju Olimpiade Tokyo 2020 memang masih dua tahun lagi, namun beberapa prestasi atlet muda Indonesia patut diproyeksikan. Dari cabang olahraga Karate misalnya, Rifki Ardiansyah yang baru berusia 20 tahun memiliki potensi luar biasa.

Pada pertandingan final Rifki berhasil mengalahkan lawannya, atlet karate Iran yang juga seorang juara dunia dan peraih emas di Asian Games 2014, Amir Mahdi Zadeh. Rifki mengalahkan Amir dengan skor 9-7 di babak final.

Selain Karate, cabor yang menjanjikan juga muncul dari Panjat Tebing. Beberapa atlet panjat tebing seperti Aries Susanti Rahayu memiliki potensi untuk dipersiapkan dengan matang menuju Olimpiade 2020 nanti.

- Advertisement -

Rapor Aries Susanti di Asian Games 2018 sendiri berhasil menyumbangkan dua medali emas melalui nomor tunggal dan beregu putri. Bahkan perempuan yang dijuluki Spiderwomen asal Indonesia ini pernah meraih medali emas dalam seri Piala Dunia Panjat Tebing di Chongqing, Cina.

Aries menuturkan, kekuatan tim Indonesia sudah setara dengan tim-tim dari negara lain dalam seri Piala Dunia Panjat Tebing di Rusia dan Cina.

“Untuk persaingan dalam Asian Games, persaingan berat dari Cina, Iran, dan Kazakhstan. Tapi untuk kejuaraan dunia, ada tim Rusia, Prancis, dan lainnya,” kata Aries.

Tim panjat tebing Indonesia meraih total 1 medali emas, 3 medali perak, serta 3 medali perunggu dalam tiga seri Piala Dunia Panjat Tebing 2018 di Rusia dan Cina.

Menpora sendiri merasa senang dan bangga cabang olahraga Olimpiade yang dipertandingkan di Asian Games tahun ini bisa meraih sukses prestasi.

“Beberapa cabang olahraga Olimpiade yang dipertandingkan di Asian Games ini menunjukkan prestasi yang menjanjikan untuk modal Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Seperti Karate, Panjat Tebing dan yang lain bisa menjadi andalan kita menghadapi Olimpiade nanti,” kata Menpora.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER