Tim Jokowi-Ma’ruf Fokus Siapkan Timsus Tangkal Serangan di Media Sosial

Tim Jokowi-Ma'ruf Fokus Siapkan Timsus Tangkal Serangan di Media Sosial (Foto: Dok Tribunnews.com)

MONITOR, Jakarta – Koalisi Indonesia Kerja dari Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin telah mempersiapkan Tim Khusus (Timsus) untuk menangkal berbagai serangan lewat dunia maya yang sejauh ini begitu tendencius menyerang pemerintah.

Hal tersebut fokus terutama ke media sosial (medsos) karena kerap kali menjadi saluran aksi saling serang para pendukung kedua pasang Capres-Cawapres tersebut.

Merespon hal tersebut, Sekjend Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan, pihak koalisi kubu pemerintah akan persiapkan tim siber guna menangkal serangan medsos tersebut.

“Terkait dengan media sosial kami punya tim sendiri yang mengelola medsos dan dalam waktu dekat kami akan lakukan pembekalan dan workshop seluruh tim siber kita di jakarta dan sekitarnya,” kata Karding saat menggelar konfrensi pers bersama mitra koalisi di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Senin (13/8).

Menurutnya, tim siber itu dibentuk agar menangkal hal yang berkaitan dengan hoaks.

Selain itu, juga mengcounter serangan serangan politik di media sosial.‎ Sebab ia menduga, sejumlah serangan yang dialamatkan kepada paslon Jokowi-Ma’ruf Amin akan banyak terjadi serangan di medsos.

“Ini akan jadi barisan terdepan memerangi dan melayani menghadapi isu-isu di media sosial,” ujarnya.

Sementara itu, sekejen PDIP Hasto Kristiyanto menilai bahwa tim tersebut akan dibekali pelatihan yang offensive namun tetap berdasarkan kepada narasi yang baik agar bisa berkesinambungan. Yang menyebarkan pada konsistensi kebijakan Jokowi.

“Pelatihan ini pengertian offensive ada kesesuaian. Maka dalam pelatihan ini kemampuan ofensif yang akan juga didorong. Tetapi ofensif sifatnya adalah mengisi ruang publik dengan narasi yang baik dan sesuai tradisi kita sebagai orang timur. Terlebih kita lihat wakil pak jokowi adalah kiai haji Ma’ruf beliau adalah sosok pengayom,” pungkasnya.