Kamis, 28 Maret, 2024

Jazuli Ajak Masyarakat Menghayati Nilai-Nilai Pancasila

MONITOR, Tangerang Selatan – Ada beragam cara dan kegiatan untuk memaknai dan memperingati Hari Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni kemarin. Misalnya Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini. Ia memilih untuk melakukan kegiatan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tak hanya melakukan sosialisasi saja, namun ia juga mengisi dengan membagikan paket sembako kepada sejumlah warga disekitar kediamannya di kawasan Ciputat, Jumat (1/6) kemarin.

“Ini adalah hari penuh berkah di bulan penuh berkah kita dapat berkumpul dan bersilaturahim sekaligus memaknai hari Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni,” kata Jazuli disela-sela sambutannya di hadapan warga yang berkumpul di halaman Yayasan Al Ummah, Ciputat.

Menurutnya, sebagai bentuk rasa syukur, cinta dan kepedulian kepada warga di bulan penuh berkah kali ini. Yang dirasanya teramat istimewa karena dirangkai dengan hari Pancasila. Untuk itu pada kegiatan pembagian 1000 paket sembako yang memang rutin diselenggarakanya setiap bulan ramadhan. Dengan begitu ia mengajak warga untuk memaknai hari pancasila kali ini dengan menjiwai Pancasila.

- Advertisement -

“Pancasila ini dasar negara kita yang menjadi identitas dan karakter bangsa Indonesia yang harus terus kita jiwai dan praktekkan dalam kehidupan bermasyarakat. Maka, Pancasila harus kita posisikan sebagai alat perekat persatuan, platform bersama serta ideologi dalam berbangsa dan bernegara,” kata Anggota Komisi I ini.

Tidak hanya itu, Jazuli juga menekankan betapa pentingnya kembali menghayati dan menjiwai nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat mengingat tantangan dan ancaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara semakin kompleks dan eksesif.

“Banyak tantangan dan ancaman yang kita hadapi sebagai bangsa mulai dari dekadensi moral, budaya liberal tanpa batas, terorisme dan radikalisme, hoaks dan ujaran kebencian, gesekan sesama anak bangsa yang mengancam persatuan, dan lain sebagainya. Semua itu solusinya ada pada Pancasila jika kita mau kembali menghayati dan mengamalkannya secara konsekuen,” tutur Jazuli.

Lebih dari itu, Politisi PKS ini juga mengajak kepada warga sekalian untuk menjadikan Hari Pancasila sebagai momentum merekatkan persatuan. Kata dia, karena dengan bersatu kita dapat mengatasi atau menghadapi tantangan dan ancaman bangsa.

“Satu cara yang efektif agar kita bersatu adalah dengan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama warga. Apalagi di bulan penuh berkah ini kepedulian kita bukan saja mengokohkan persatuan, tapi sekaligus bernilai ibadah yang pahalanya berlipat ganda,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER