Kamis, 18 April, 2024

Berikut Ini Ciri-Ciri Gejala Awal Diabetes yang Dapat Mengintai Anda

MONITOR – Setiap kali ada ancaman infeksi yang sedang menyerang tubuh, selalu ada gejala awal yang dapat dirasakan dan mempengaruhi metabolisme tubuh. Nah, di antara penyakit yang menyerang metabolisme tubuh, penyakit diabetes juga dapat dikenali gejalanya melalui sinyal-sinyal tertentu yang dirasakan tubuh.

Pada dasarnya, diabetes atau yang biasa disebut kencing manis ini menyerang fungsi pankreas dan mengganggu produktivitas hormon insulin di dalam tubuh. Dengan terganggunya produktivitas tersebut, insulin menjadi sulit mengolah gula menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari.

Seperti yang sudah Anda ketahui, ada 2 tipe diabetes yang umum menyerang masyarakat, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Terdengar simpel, ya? Namun, efek yang dirasakan pasien tidak sesimpel jenisnya, lho.

- Advertisement -

Dalam sebuah kasus yang sudah kronis, bisa saja kaki atau anggota tubuh lain si penderita harus diamputasi! Nah, berikut ini ciri-ciri diabetes yang umum terjadi pada penderita diabetes:

1. Sering buang air kecil (polyuria) dan sering merasa haus (polydipsia)

Karena tingginya kadar gula di dalam tubuh, ginjal tidak sanggup menampungnya, sehingga harus mengelurkannya melalui urin. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan cairan dan menjadi lemas.

Jika setiap hari Anda harus buang air kecil lebih dari 7 kali, bisa jadi itu ciri ciri diabetes yang sedang mengintai, lho. Jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan resep obat diabetes tertentu.

2. Sering merasa lapar

Pada dasarnya, tubuh mengubah makanan yang masuk menjadi glukosa, kemudian glukosa tersebut diserap oleh sel-sel dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi. Nah, karena sel kekurangan insulin untuk menyerap glukosa, itulah mengapa Anda selalu merasa lapar (polyphagia) karena tubuh terus mencari asupan makanan lagi dan lagi.

3. Kesulitan tubuh menyembuhkan luka

Karena insulin sulit mengolah gula dalam tubuh, akibatnya kandungan gula dalam darah meningkat dan mengganggu sistem sirkuliasi darah. Akibatnya, darah kehilangan kemampuan untuk mengobati luka.

Nah, karena tubuh kehilangan cara menghilangkan bekas luka, selain mengganggu penampilan akibat timbulnya bekas ‘koreng’ di sekujur tubuh, juga dapat mengarah terjadinya pembusukan dalam jaringan jka tidak terobati dalam jangka waktu yang lama. Efek terburuknya adalah, tidak menutup kemungkinan dilakukan amputasi agar pembusukan tidak menyebar ke organ yang lain. Menyeramkan, ya!

4. Berat badan turun drastis

Ciri ciri diabetes yang satu ini biasa terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Hal ini terjadi lantaran tubuh sudah kehilangan kemampuan untuk mengolah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi, maka secara otomatis tubuh akan mulai mengolah dan membakar cadangan otot dan lemak yang ada di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan kehilangan massanya walaupun tidak ada perubahan pada pola makan.

5. Pandangan kabur

Tingginya kadar gula dalam sirkulasi darah yang melewati organ mata, mengakibatkan terjadi pembengkakan dalam jaringan tersebut. Efeknya, lensa mata menjadi berubah bentuk yang membuat mata Anda kehilangan kemampuan untuk memfokuskan suatu objek. Dalam sebuah kasus yang kronis, jika dibiarkan, dapat menyebabkan pasien mengalami
kebutaan, lho!

6. Merasa kebal di area kaki

Ciri ciri diabetes ini dapat terjadi ketika kelainan sudah mulai menyerang bagian syaraf di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh mengalami kesemutan dan kebal di area kaki, tangan beserta jarinya. Gejala yang satu ini bisa menjadi ciri awal Anda terkena seperti apa yang biasa disebut neuropathy diabeticum atau diabetes syaraf.

Nah, itulah sejumlah gejala awal dan ciri ciri diabetes yang umum terjadi pada penderita diabetes. Jika ada ciri-ciri di atas yang Anda rasakan, bisa jadi ‘alarm’ tubuh Anda sudah menyala, tuh. Tetap jaga pola hidup sehat Anda, ya!

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER