Sabtu, 27 April, 2024

Ratusan Warga Surabaya Serbu PMI Bantu Korban Bom Gereja

MONITOR, Jakarta- Ratusan warga Surabaya dengan sukarela mendatangi kantor PMI, Jalan Embong Wungu, Surabaya. Pasalnya, mereka ingin mendonorkan darahnya untuk membantu para korban bom gereja di Surabaya.

Terlihat mereka berbondong-bondong melakukan transfusi darah untuk korban luka, sejak terjadi bom di 3 gereja. Kebanyakan yang datang mendonorkan darahnya dengan harapan agar dapat membantu korban luka.

Dokter Martono Adi Triyuko, Kepala Bagian Pelayanan Donor UTD PMI Surabaya, mengatakan bahwa ratusan masyarakat itu terlihat mengantre di PMI sejak Minggu pagi, setelah insiden ledakan bom.

Ia memperkirakan jumlah pendonor pada hari ini mencapai 600 orang. Jumlah tersebut sangat melebihi target dalam situasi normal.

“Kalau biasanya, per harinya kami ada target sekitar 400-an. Tapi hari ini membeludak setelah insiden itu. Masyarakat rasa pedulinya luar biasa,” kata dr Martono, seperti dilansir suarasurabaya.net, Senin (14/5).

Martono menambahkan, antusiasme warga ini sangat membantu para korban. Khususnya, kata dia, yang kondisinya sangat membutuhkan darah segar.

- Advertisement -

Pihaknya juga mengaku banyaknya pendonor hari ini, PMI mengalami kelebihan permintaan. Namun, dirinya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat yang sangat tinggi, untuk membantu para korban ledakan bom gereja Surabaya.

“Kami terbantu dengan adanya masyarakat yang sangat peduli ini. Banyak yang mengantre. Tentu kepedulian dari masyarakat ini tidak kami tolak, silakan saja yang mau mendonor, masih tetap kami layani,” kata dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER