Jumat, 29 Maret, 2024

Macam-macam Makanan Penghuni Surga

MONITOR, Jakarta – Untuk orang yang percaya kepada hari akhir tentu pasti sudah mengetahui adanya hari pembalasan dimana manusia akan ditempatkan di dua tempat bisa di surga atau di neraka tergantung bagaimana amal dan ibadah masing-masing.

Surga merupakan tempat balasan bagi orang-orang yang lebih banyak amal baik dibanding amal buruknya makanan yang disediakan disurgapu berbagai macam dilansir infoyunik, salah satu kenikmatan yang akan dirasakan adalah menu makanannya.

Dikutip dari berbagai sumber, manusia akan mencicipi lezatnya lauk pauk dengan rasa yang tidak terbayangkan sebelumnya. Mereka juga diizinkan untuk menyantap makanan dan minuman yang mereka inginkan dan mereka pilih. 

Berikut ini beberapa lauk pauk yang akan dirasakan penghuni para surga. Ternyata, namanya tidak berbeda dengan lauk pauk yang ada saat ini. Namun, rasanya lebih nikmat tujuh ribu kali lipat dibanding saat menyantapnya di dunia.

- Advertisement -

1. Hati Ikan 

Hati ikan menjadi hidangan pertama para penghuni surga. Ikan merupakan hewan laut yang menunjukan unsur kehidupan di bumi. Saat ini saja, banyak sekali manfaat  hati ikan secara kedokteran bagi makanan penduduk bumi. Dalam hadist Rasulullah SAW dalam Shahih Bukhari yang artinya: 
Abdullah bin Salam bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di awal kedatangannya di Madinah, “Apa yang pertama kali yang dimakan oleh penduduk surga ?” Beliau menjawab, “Hati ikan.” (HR Bukhari). 

2. Daging Sapi

Daging sapi juga menjadi menu hidangan yang akan dicicipi para penghuni surga. Sapi termasuk hewan darat yang menunjukkan cocok tanam dan berusaha di atas bumi.  Dan pasti Allah SWT memiliki alasan kebaikan mengapa menyediakan hidangan ini untuk hamba-hambaNya. Berdasarkan Hadits Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim terdapat diriwayat dari Abu Sa’id, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: 
Gambar terkait
”Pada Hari Kiamat bumi ini menjadi seperti sebongkah roti, digenggam oleh Yang maha Kuasa dengan tangan-Nya, seperti seorang dari kamu sekalian menggenggam rotinya dalam perjalanan, sebagai suguhan pertama bagi penghuni surga.” Maka datanglah seorang Yahudi lalu berkata,”Semoga Allah memberkatimu, hai Abul Qasim.

3. Daging Burung Panggang

Lauk penduduk surga lainnya yang juga nantinya akan dirasakan adalah daging burung panggang. Dalam surat Alwaqiah ayat 21 dijelaskan bahwa penghuni surga akan mendapatkan daging burung dari apa yang mereka inginkan. 
Gambar terkait
Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “Sungguh kamu pasti akan melihat daging burung di surga. Lalu kamu menginginkannya maka (seketika) dia tergeletak di depan mu dalam keadaan sudah terpanggang,” (Tafsir Ibnu Katsir).

4. Semua lauk pauk yang diinginkan

Gambar terkait
Allah SWT juga menjanjikan akan memberikan semua lauk pauk yang diinginkan oleh para penghuni surga.  Di dalam surga seseorang makan dan minum bebas sekehendaknya sesuai selera. Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini.  (QS Ath Thur : 22). “Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.” (QS. Al-Waqi’ah: 20-21).

Begitu nikmatnya balasan Allah SWT kepada para manusia beriman dan beramal saleh. Semoga, menu lauk pauk tersebut nantinya dapat kita nikmati. Bukan di dunia, namun di akhirat nanti.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER