Kamis, 18 April, 2024

PT KAI Antisipasi Hambatan Perjalanan Saat Reuni 212

MONITOR, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan pengaturan jadwal sebagai rekayasa pemberangkatan untuk 22 kereta api pada Sabtu (2/12) guna mengantisipasi kemungkinan terhambatnya perjalanan calon penumpang menuju Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, terkait rencana aksi Reuni 212.

"Penumpang KA yang kesulitan untuk menuju ke Gambir bisa naik dari Stasiun Jatinegara, di mana biasanya kereta keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," catat Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Suprapto, dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (1/12)

Ia menyatakan rekayasa pemberangkatan KA itu dilakukan agar calon penumpang terhindar dari kemacetan sebagai imbas dari acara Maulid Nabi dan Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas) yang digelar pada Sabtu (2/12).

Rekayasa pola pemberangkatan 22 kereta api (KA) dari Stasiun Gambir pada Sabtu, dikemukakannya, akan berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur.

- Advertisement -

Rekayasa pemberangkatan dari Stasiun Jatinegara itu, menurut dia, berlaku mulai keberangkatan KA 20 (Argo Parahyangan) pukul 05.05 WIB sampai dengan KA 10424 (Argo Parahyangan Premium) keberangkatan pukul 18.00 WIB.

Total ada 22 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang juga akan diberhentikan luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara guna pelayanan penumpang yang mungkin kesulitan naik dari Stasiun Gambir.

Suprapto mengemukakan 22 KA tersebut akan berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi sehingga kereta juga akan berhenti di Stasiun Jatinegara.

Para penumpang yang sudah memiliki tiket/code booking KA pada jam keberangkatan tersebut dapat naik dari Stasiun Jatinegara.

"Kami juga menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tambahnya.

KAI juga mengimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan kereta agar tidak tertinggal dan selalu memastikan nama yang tertera pada tiket sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas.

KA yang berangkat dari stasiun Gambir dan juga akan berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara adalah KA 20 (Argo Parahyangan), KA 14 (Argo Muria), KA 10122 (Argo Parahyangan Tambahan), KA 10554 (Argo Parahyangan Premium, KA 10 (Argo Dwipangga), KA 52 (Taksaka), KA 22 (Argo Parahyangan) dan KA 16 (Argo Jati).

Selain itu, KA 2 (Argo Bromo Anggrek), KA 62 (Tegal Bahari), KA 24 (Argo Parahyangan), KA 64 (Tegal Bahari), KA 32 (Argo Parahyangan), KA 68 (Cirebon Ekspres), KA 34 (Argo Parahyangan), KA 56 (Bangunkarta), KA 26 (Argo Parahyangan), KA 12 (Argo Sindoro), KA 44 (Bima), KA 18 (Argo Jati), KA 42 (Gajayana) dan KA 10424 (Argo Parahyangan Premium).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER