Categories: NASIONALPEMERINTAHAN

Menteri Rudiantara Apresiasi Manajemen Telkom Pulihkan Layanan Satelit 1

MONITOR, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mendatangi Crisis Center TelkomGroup untuk memantau perkembangan service recovery Satelit Telkom 1 PT Telkom Indonesia Tbk (Persero).

Didampingi Dirut Telkom Alex J Sinaga, Rudiantara melalui video conference melihat langsung proses penanganan pemulihan di beberapa lokasi crisis center diantaranya dari Stasiun Pengendali Utama (SPU) Satelit Cibinong, Ground Station Master Control di Bogor dan 7 Kantor Telkom Regional.

"Saya mengapresiasi segenap jajaran manajemen dan karyawan Telkom yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk memulihkan layanan satelit Telkom 1 sebagai bentuk komitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia," ujar Rudiantara di Graha Merah Putih, Jakarta, Selasa (5/9).

Sebelumnya, pada Jumat (25/8), sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena sehingga semua layanan transponder dari satelit itu terganggu.

Recovery satelit Telkom 1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan.

Dirut Telkom Alex J Sinaga mengatakan, untuk memaksimalkan pemulihan layanan pelanggan dan masyarakat yang terkena dampak gangguan Satelit Telkom 1, Telkom terus mengerahkan seluruh personil dan teknisi TelkomGroup di seluruh Indonesia untuk menyelesaikan proses pemulihan layanan satelit.

"Hingga hari ini Selasa (5/9/2017) pukul 10.00 WIB, Telkom telah memulihkan sejumlah 7.658 site dari total 11.574 site Very Small Aperture Terminal (VSAT) ATM perbankan. Atau sebanyak 66 persen layanan ATM perbankan telah berfungsi normal kembali," ujar Alex.

Realisasi pemulihan site pelanggan hingga Selasa (5/9) pukul 10.00 WIB telah mencapai 10.654 site atau 71 persen dari total 15.000 site.

Untuk mempercepat proses perbaikan, jajaran manajemen Telkom secara intensif melakukan pemantauan langsung terhadap pelaksanaan repointing antena selama 24 jam x 7 hari.

Dengan stabilnya progres realisasi recovery yang berkecepatan mencapai 1.200 site per hari, Telkom berharap dapat menyelesaikan pemulihan 15.000 site layanan pelanggan hingga maksimal 10 September 2017.

Recent Posts

Menag Jenguk Korban Bangunan Majelis Taklim yang Ambruk

MONITOR, Bogor - Menteri Agama Nasaruddin Umar hari ini menyambangi Rumah Sakit Palang Merah Indonesia…

3 jam yang lalu

Tutup Tanwir II Nasyiatul Aisyiyah, Menteri PPPA Tekankan Pondasi Agama dan Budi Pekerti

MONITOR, Banten - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Arifatul Choiri Fauzi, menyampaikan keynote…

4 jam yang lalu

Orientasi Maba Pascasarjana, UID tegaskan Komitmen Membangun Profesionalitas Akademik

MONITOR, Depok - Universitas Islam Depok (UID) menggelar kegiatan Orientasi dan Matrikulasi Mahasiswa Baru Pascasarjana…

4 jam yang lalu

Arus Lalu Lintas Kembali ke Jabotabek Meningkat, Jasa Marga Catat 161 Ribu Kendaraan Naik 25,65 Persen

MONITOR, Jakarta - Direktur Utama Jasa Marga Rivan Achmad Purwantono menyampaikan, arus lalu lintas kembali…

6 jam yang lalu

Direktur PTKI: PPG, Penghargaan Kemenag pada Perjuangan Guru

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama tahun ini melakukan akselerasi penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).…

11 jam yang lalu

DPR Sudah Penuhi Tuntutan 17+8 Rakyat, Lembaga Lain Dinanti

MONITOR, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sudah menanggapi tuntutan 17+8 rakyat dengan mengeluarkan…

16 jam yang lalu