Prambanan Jazz: pagelaran jazz megah dilatarbelakangi Candi Prambanan

MONITOR – Prambanan Jazz telah dikenal sebagai event musik jazz bertaraf internasional yang dibalut kearifan budaya kota Yogyakarta setiap tahunnya. Penasaran keseruannya?

Prambanan Jazz merupakan event musik jazz tahunan yang menghadirkan musisi-musisi jazz terbaik, dari musisi lokal hingga mancanegara. Tahun 2017 ini, yang merupakan tahun ketiganya, Prambanan Jazz siap digelar tiga hari, yaitu pada 18, 19, dan 20 Agustus 2017. Tentunya, masih bertempat di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta.

Tahun ini konsep yang disuguhkan adalah 90’s Moment dengan menggandeng sederet musisi dan penyanyi yang populer di tahun 90-an. Event musik yang diberi slogan “Art, Music & Culture” ini ingin memadukan musik jazz yang modern dengan tanpa melupakan budaya yang sangat lekat dengan Kota Gudeg.

Pada pagelaran Prambanan Jazz kedua, tepatnya pada tahun 2016, acara ini sukses menghipnotis puluhan ribu penikmat musik jazz dengan menghadirkan Boyz II Men dan Rick Price sebagai artis utama. Sedangkan pada tahun pertamanya, Prambanan Jazz menghadirkan pemain saxophone handal internasional yang sudah dikenal baik semua orang, Kenny G.

Kenny-G-Erwin-01-e1497543067974.jpg

source: wartajazz.com

Artis yang akan manggung di Prambanan Jazz 2017

Berdasarkan siaran pers Rajawali Indonesia Communication selaku promotor Prambanan Jazz Festival 2017, berbagai musisi lokal yang siap manggung di perhelatan jazz tahunan ini diantaranya adalah Andre Hehanusa, Katon Bagaskara, Tompi, Syaharani, Sandy Sandoro, T-Five, Base Jam, Emerald, Lingua, Ada Band, The Groove, Shakey,  KLa Project dan masih banyak lagi.

Seakan ingin menghadirkan pengalaman berkesan untuk para penikmat jazz tanah air, promotor berencana untuk menghadirkan pula musisi peraih nominasi Grammy Awards, Sarah Brightman, yang dijadikan penampil utama yang patut dinantikan. Musisi berbakat ini telah meraih lebih dari 200 penghargaan platinum dan emas di lebih 40 negara di dunia, salah satu lagu terbaiknya adalah “Time to Say Goodbye”.

Tidak hanya menghadirkan musisi-musisi tahun 90an saja, untuk menggaet penggemar musik jazz kaum muda, promotor juga menghadirkan musisi-musisi jazz yang banyak digandrugi oleh kaum muda saat ini, seperti Kahitna, Glenn Fredly, Yovie & Nuno, Saxx in the City, Yura Yunita, Afgan,  Marcell, Rio Febrian, Kunto Aji, dan Payung Teduh, serta masih banyak musisi lainnya. Tak lupa pula promotor juga turut mengundang musisi kenamaan seperti Shaggy Dog, NDX A.K.A, /Rif,  Ipang, dan masih banyak lagi.

430617-raisa-prambanan-jazz--e1497543402865.jpg

source: brilio.net

Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Prambanan Jazz 2017 akan tetap menggunakan dua panggung utama. Panggung Hanoman yang berada di area Lapangan Brahma akan menjadi panggung utama musisi-musisi andalan yang tentunya akan mencuri perhatian para penikmat jazz. Kemudian Panggung Rorojonggrang yang berada di area Lapangan Wisnu akan menjadi panggung festival show.

Pasar Kangen di Prambanan Jazz 2017

Untuk semakin menyemarakkan suasana 90-an, pantia menghadirkan berbagai sajian wisata kuliner bernuansa Yogyakarta tempo dulu yang disebut dengan Pasar Kangen. Selaras dengan konsep yang diusung, promotor ingin menyuarakan keindahan budaya dan suasana Yogyakarta yang semakin kesini semakin hilang tergerus zaman. Dengan hadirnya Pasar Kangen ini tentunya akan menghadirkan kembali memori romantis masa-masa tahun 90an, dan juga untuk para generasi milenial, konsep pasar kangen ini akan menghadirkan suasana Yogyakarta tempo dulu.

Tiket Prambanan Jazz 2017

Tiket prambanan Jazz 2017 dibedakan sesuai hari dan kategori tiket. Ada 5 kategori tiket, yaitu Festival, Silver, Gold, Platinum, dan Diamond. Sebagai gambaran, tiket Festival show terusan (3 day) adalah IDR600.000,  sedangkan tiket Diamond hari pertama adalah IDR1.200.000. Tiket kategori Festival dan Silver tidak memiliki nomor tempat duduk.

Tiket dengan nomor tempat duduk pada tiket kategori Gold, Platinum dan Diamond tentunya lebih disarankan, karena anda akan lebih nyaman dalam menikmati lantunan musik jazz dari berbagai musisi jazz terbaik. Terlebih apabila anda ingin mendapatkan spot terbaik dalam menikmati penampilan guest star Prambanan Jazz 2017, tiket kategori Diamond sangat disarankan, yang bisa anda dapatkan dengan harga IDR 2.500.000.