Sabtu, 21 Mei, 2022

Lebaran Tahun Ini Kembali Serempak, Ini Kata Komisi VIII DPR

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah yang berhasil menghimpun beragam ormas dan menyepakati awal Syawal 1438H/2017M.

Hal ini disampaikan Ali Taher saat bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Ketum MUI KH Ma’ruf Amin memberikan keterangan pers hasil Sidang Isbat Awal Syawal 1438H di Gedung Kementerian Agama Jakarta, Sabtu (24/06).

"DPR mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menghimpun beragam ormas untuk bisa menyepakati satu Syawal secara bersama-sama. Sebelumnya, Ramadan juga sama. Ini menandakan kita punya kesamaan visi ke depan dalam membangun umat,” ujarnya.

Ali Taher berharap suasana kebersamaan ini bisa terus berlangsung. Menurutnya, Kementerian Agama memiliki kemampuan untuk dapat menghimpun kekuatan umat yang sangat besar ini. “DPR selalu mendorong Pemerintah untuk mewujudkan persatuan umat,” ujarnya.

- Advertisement -

Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada 25 Juni 2017 dalam sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.  Sidang yang berlangsung usai Salat Magrib ini diikuti duta besar negara sahabat, serta utusan dari ormas-ormas Islam, antara lain: NU, Muhammadiyah, Persis, Al Wasliyah, dan lainnya.  Sebelumnya, Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya menyampaikan paparan posisi hilal awal Syawal secara astronomis.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER