Jumat, Mei 27, 2022

Jasa Marga Peroleh Fasilitas Pembiayaan Rp1 Triliun Dari Bank Syariah Mandiri

Monitor, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh fasilitas pembiayaan dari Bank Syariah Mandiri sebesar Rp 1 Triliun yang akan digunakan untuk mempercepat pembebasan lahan di ruas jalan tol baru.

Penandatangan perjanjian kredit berjangka waktu 12 bulan sejak ditandatanginya perjanjian akad tersebut dilakukan di Jakarta oleh Direktur Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Donny Arsal dan Direktur Wholesale Banking Bank Syariah Mandiri Kusman Yandi.

Dalam sambutannya, Donny menyampaikan bahwa kebutuhan pendanaan infrastruktur jalan tol dalam jangka waktu tiga tahun ke depan cukup besar.

"Kami membuka kesempatan kerjasama pembiayaan dengan perbankan dan sekarang kita mencoba peluang baru melalui kerja sama dengan pembiayaan syariah." katanya, melalui rilis yang diterima, Senin (12/6/2017).

- Advertisement -

Hingga pertengahan tahun 2017, Jasa Marga memiliki jalan tol yang beroperasi sepanjang 600 kilometer atau 61 persen dari panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia. Adapun total konsesi jalan tol yang dimiliki sepanjang 1260 kilometer.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, untuk menyelesaikan sisa proyek di 16 ruas jalan tol yang di tegetkan selesai tahun ini Jasa Marga masih membutuhkan suntikan dana senilai 70 triliun. Saat ini PT Jasa Marga memiliki 31 konsesi jalan tol, yang sudah sepenuhnya beroperasi 15 ruas. 

"Sedangkan 16 sisanya masih separuh pengerjaan dan ada yang betul-betul belum," kata Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani dalam Worksop di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat, (21/6/2017) lalu.

Menurut Desi, untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan mencapai Rp 70 triliun itu antara lain akan ditempuh dengan mengajukan pinjaman dari bank. Namun demikian, untuk bisa mengakses pinjaman itu, setidaknya perseroan harus memiliki modal minimal Rp 21 triliun.

"Saat ini equitas (modal) Jasa Marga baru Rp 16 triliun, masih kurang Rp 4,5 triliun," katanya seperti diansir Tempo.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER