Resmikan Velodrome, Anies Berharap Fasilitas Kelas Dunia Harus Dirawat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang menggunting pita, sebagai tanda diresmikannya Jakarta Internatiomal Velodrome Rawamangun atau venue Balap Sapeda di Jalan Balap Sepeda, Pulogadung, Jakarta Timur. (Foto: Asep Syaefudin)

MONITOR, Jakarta – Perhelatan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Sejumlah fasiltas venue cabang olah raga pun satu persatu telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Salah satunya adalah Jakarta Internatiomal Velodrome Rawamangun atau venue Balap Sapeda di Jalan Balap Sepeda, Pulogadung, Jakarta Timur. Faktanya, arena balap sepeda Velodrome merupakan arena balap sepeda terbaik se-Asia hari ini dan juga fasilitasnya yang kelas dunia. Sehingga, Anies mengimbau, harus dijaga dan dirawat fasilitasnya.

“Velodrome ini akan digunakan untuk pertandingan balap sepeda dalam ajang Asian Games 2018. Fasilitas yang dimiliki velodrome seluruhnya berstandar international,” ujar Anies saat menggunting pita Velodrom International Rawamangun, Rabu, (15/8).

Tak hanya menggunting rangkaian bunga dan menandatangani prasasti, Anies juga sempat mencoba sendiri lintasan balap sepeda hingga lima kali putaran mengendarai salah satu sepeda milik atlet.

“Arena Velodrome Rawamangun ini merupakan arena balap sepeda terbaik se-Asia hari ini. Insya Allah ini fasilitas yang world class,” kata Anies dalam sambutannya.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut, yang menjadi tantangan kedepan adalah melakukan perawatan dan pemanfaatan velodrome.

“Kita tahu ini digunakan dalam kegiatan Asian Games. Tapi tentu tidak cukup hanya selesai pada saat Asian Games selesai. Justru ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar dia.

“Jangan sampai fasilitasnya kelas dunia. Tetapi justru tidak menjadi tempat tumbuhnya atlet kelas dunia,” sambungnya.

Anies berharap, dengan adanya fasilitas bertaraf internasional yang telah mendapat sertifikasi dari Union Cycliste Internationale (UCI), bisa menciptakan atlet-atlet berprestasi yang mampu bersaing di kelas dunia.

“Pesan dalam peresmian ini pertama ini adalah karya anak-anak bangsa yang boleh dibanggakan. Yang kedua ini harus dirawat dengan sebaik-baiknya. Dan ini harus menjadi tempat yang bukan hanya bermanfaat di event Asian Games, ini juga event-event berikutnya,” pungkasnya.