Tiga Alasan Barcelona Kandidat Juara Liga Champions Musim Ini

MONITOR, Jakarta – Penampilan FC Barcelona dalam gelaran semifinal Liga Champion dua tahun ke belakang dinilai selalu dijauhi keberuntungan.

Namun demikian, dikabarkan bahwa hal ini akan menjadikan motivasi tersendri bagi FC Barcelona untuk memenangkan turnamen musim ini.

Barcelona telah memulai musim dengan cukup positif. Klub berjuluk El Barca ini  hanya tertinggal empat poin di semua kompetisi yang digelutiya.

Tapi sebagian besar kemenangan tampak pyrrhic bagi para penggemar, banyak dari mereka belum terkesan dengan permainan di bawah Ernesto Valverde.

Untuk itu Barcelona dinilai patut diperhitungkan, terutama di pentas Eropa.

Berikut adalah 3 alasan mengapa Barcelona akan memenangkan Liga Champions musim ini, seperti dikutip sportkeeda:

# 3 Keinginan untuk memenangkan turnamen setelah hasil mengecewakan

Penampilan terakhir Barcelona pada 2015 sangat fenomenal, dimana ia memenangkan trebel winner.

Namun, dalam dua musim berikutnya, el barca gugur mengenaskan oleh PSG dan Juventus. Dimana skornya masing-masingnya adalah 4-0 dan 3-0.

#2 Taktik tekanan tinggi Valverde

Ernesto Valverde selaku manager FC Barcelona dinilai harus melakukan taktik tekanan tinggi untuk memenangkan liga Champion musim ini.

Hal itu mengingat, yang mnejadikan FC Barcelona tumbang oleh PSG dan Juventus pada musim sebelumnya adalah tidak efektifnya mereka dalam melakukan pressing tinggi.

#1 Memanasnya kembali Messi

Pasca hengkangnya Neymar dari Barcelona, performa Lionel Messi justeru semakin meningkat. Terbukti, dari jumlah assist yang diberikannya dalam setiap pertandingan meningkat dari sebelumnya 3,7 menjadi 6,2.

Selain itu, data statistik permainan striker asal Argentina itu mencatat, dari setiap 90 menit pertandingannya, MEssi menghasilkan 4 gol. 

Padahal, capainya pada musim lalu hanya 2,6 gol per 90 menit main di lapangan.