Pandangan Mantan Punggawa Timnas Soal Perilaku Supporter Indonesia

MONITOR, Bekasi – Prilaku supporter atau pendukung klub-klub Indonesia yang kerap rusuh dan merusak fasilitas stadion sepak bola turut disoroti Mantan pemain tim nasional Indonesia, Elie Aiboy. Dia berharap,  supporter sepak bola tanah air bisa mengubah prilaku buruknya dalam mendukung tim kesayangannya.

Hal tersebut diungkapkan Ellie Aiboy menyusul adanya insiden perusakan dan pelemparan bangku penonton di Stadion Wibawa Mukti usai digelarnya pertandingan Final Liga 1 U-19 antara Persib dan Persipura pada Selasa (7/11) lalu.

Pelatih tim Sepak Bola Kabupaten Bekasi itu manmbahkan, sikap para supporter tersebut tidak mencerminkan nilai-nilai penting dalam sebuah pertandingan. Terbukti dengan adanya tindakan arogan yang terjadi di Stadion Wibawa Mukti dalam laga final Liga 1 U-19.

Perusakan tersebut, sambung Elie, seharusnya dapat dihindari. Memang secara tidak langsung kekecewaan karena tim kesayangan kalah saat bertanding itu sudah menjadi hal biasa.

"Namun bila tim kesayangannya tersebut kalah dan kemudian melakukan tindakan perusakan maka hal tersebut sudah masuk dalam kategori pidana," katanya di Cikarang, Bekasi, Kamis (9/11).

Oleh sebab itu, tambah Elie, seharusnya Kepala Bidang Sarana dan Prasarana pada Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga harus melakukan pelaporan dan somasi kepada PSSI maupun Polres Metro Bekasi.

Pasalnya dengan adanya masalah tersebut membuat fasilitas umum berupa kursi menjadi rusak. Dan tentunya dengan adanya seperti itu penyelenggara harus melakukan penggantian.

"Kursi tersebut memiliki harga yang tidak murah, dan jumlah kerusakan mencapai 5000 kursi. Ini sudah tidak dapat ditolerir harus ada penegakan hukum," katanya.

Ia menambahkan dengan adanya hal-hal seperti itu sering kali Indonesia mendapatkan pencekalan dari beberapa asosiasi sepak bola salah satunya FIFA.

Dan tentu saja dengan adanya masalah tersebut secara regulasi menjadikan persepakbolaan tercoreng oleh ulah suporter.

Dalam setiap pertandingan pasti ada yang kalah maupun menang, dan itu sudah biasa.

Oleh karena itu, meminta untuk tetap menjaga keadaan yang kondusif agar tim kesebelasan suporter dapat lrbih mengintropeksi kekalahan dan kembali dapat berjaya.

Lanjut Elie menjelaskan dalam hal ini meminta penegak hukum untuk melakukan penindakan kepada pelaku perusakan agar jera.

Advertisementdiskusi publik wagub dki