Daftar 6 Tim yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Timnas Belgia usai laga melawan Tunisia

MONITOR – Babak Penyisihan Grup Piala Dunia 2018 sudah berjalan dua pertandingan, masing-masing tim sudah memainkan dua pertandingan mereka. Banyak kejutan terjadi dimana tim-tim unggulan seperti Argentina, Brasil, Spanyol, dan Jerman belum memastikan lolos ke putaran berikutnya babak 16 besar.

Berbeda dengan beberapa Tim unggulan yang diprediksi bakal mudah untuk lolos ke babak 16 besar, 6 tim nasional ini justru mulus melangkah dan dipastikan mendapat tiket melaju ke babak 16 besar berkat kemenangan di dua laga. Berikut enam timnas tersebut :

Rusia

Rusia vs Mesir

Tuan rumah Rusia menjadi yang pertama dipastikan lolos ke babak 16 besar dari grup A. Kepastian lolosnya Rusia dari fase grup didapatkan usai tim beruang merah meraih kemenangan telak 5-0 atas Arab Saudi pada partai pembuka dan 3-1 atas Mesir.

Rusia bersama Uruguay masing-masing mengoleksi 6 poin di grup A yang tidak mungkin terkejar oleh Arab Saudi dan Mesir yang belum meraih satupun kemenangan. Juara grup ini akan ditentukan pada pêrtandíngan terakhir antara Rusia vs Uruguay.

Uruguay

Uruguay vs Arab Saudi

Uruguay bersama Rusia dipastikan lolos ke putaran berikutnya usai sama-sama mengoleksi poin 6 hasil kemenangan dari Mesir 1-0 dan Arab Saudi dengan skor yang sama.

Perancis

Selebrasi Gol Kylan Mbape ke gawang Peru

Perancis menjadi satu-satunya tim di grup C yang sudah memastikan diri lolos ke fase 16 besar usai meraih dua kemenangan masing-masing melawan Australia dengan skor 2-1 dan Peru 1-0.

Poin 6 yang diraih Perancis dipastikan sudah cukup untuk lolos ke putaran berikutnya meski menyisakan satu pertandingan. Satu tiket lagi dari grup ini bakal menjadi rebutan antara Denmark dan Australia.

Kroasia

Kroasia lolos menyakinkan dan mengejutkan dari grup D yang dihuni tim unggulan Argentina. Luca Modric dkk dipatikan lolos usai meraih dua kemenangan telak yaitu 2-0 atas Nigeria dan 3-0 atas Argentina.

Sementara satu tiket lainnya masih masih menjadi rebutan tiga tim yaitu Argentina, Nigeria, dan Islandia.

Belgia

Belgia tampil mengesankan di Piala Dunia 2018 Rusia. Berada di grup G bersama Inggris, Tunisia, dan Panama, Eden Hazard dkk mampu meraih hasil maksimal dengan mengalahkan Panama 3-0 dan menggilas Tunisia 5-2.

Inggris

imnas Inggris usai laga melawan Tunisia (foto : REUTERS/Jorge Silva)

Inggris bersama Belgia dipastikan lolos ke babak 16 besar dari Grup G. sama halnya dengan Belgia, Inggris meraih hasil maksimal dalam dua laga yaitu melawan Tunisia 2-1 dan Panama 6-1.

Juara grup G akan ditentukan dalam laga ketiga antara Belgia vs Inggris.