Takalar Diharapkan jadi Role Model Pengembangan Pertanian Berbasis Keunggulan Lokal

MONITOR, Takalar – Pada tahun 2018 ini, Kementerian Pertanian kembali melanjutkan Program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Upsus Siwab). Pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian pada tanggal 15 januari 2018 di Hotel Bidakara Jakarta dilaporkan bahwa melalui program ini, tingkat kebuntingan sapi mencapai 1.893.022 ekor dari target 3.000.000 ekor.

Hal itu disampaikan Tenaga Ahli Menteri Pertanian Baran Wirawan saat melakukan kunjungan kerja di Takalar, Jumat 23 Februari 2018. Baran melanjutkan bahwa bagus juga jika daerah merespon program-program pusat sesuai dengan keunggulan lokal masing-masing.

“Kami mengapresiasi dan mendukung program unggulan Pemkab Takalar dengan satu ekor sapi untuk setiap kepala keluarga. Ini wujud tanggung jawab bersama dimana daerah mempunyai peran dan kontribusi dalam rangka pemenuhan dan peningkatan produksi daging. Sulawesi sudah dikenal sebagai penyuplai beras daerah-daerah sekitarnya. Kemarin Bu Kadis Pertanian melaporkan bahwa Sulawesi surplus beras. Capaian positif  ini juga terjadi pada komoditi peternakan. Dalam catatan saya, tahun 2016, ada sekitar 1,3 juta sapi di Sulsel”, ungkap Baran.

Sementara itu Bupati Takalar Syamsari menegaskan bahwa Takalar siap menjadi pilot project bagaimana konsep suatu kawasan pertanian terpadu 
diaplikasikan.

“Kami sudah melakukan kerja sama dengan Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, kemudian mendata lahan-lahan yang selama ini terlantar tapi memiliki potensi yang besar untuk dimanfaaatkan untuk mendukung peningkatan produksi jagung yang kemudian limbahnya bisa dimanfaatkan untuk peternakan. Zero Waste, tidak ada limbah yang terbuang. Jadi semua termanfaatkan karena prinsip kami, uang rakyat harus dikembalikan untuk rakyat”, tegas Syamsari.

Sementara itu Anggota DPR RI Andi Akmal Pasluddin yang juga turut hadir menegaskan bahwa untuk kepentingan petani dan kemajuan pertanian nasional, Komisi IV DPR RI terus mendorong dan mendukung program-program Pemerintah yang pro rakyat.