Sekjen PAN Apresiasi Kinerja Pemerintahan Jokowi

MONITOR, Jakarta – Kebijakan pemerintah dalam sektor pembangunan infrastuktur saat ini dinilai tepat. Pasalnya, sejumlah proyek pembangunan yang kian gencar dilakukan pemerintah sudah memenuhi syarat dasar, yakni sesuai kebutuhan mendesak.

Hal itu diutarakan Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Suparno, saat diskusi 'Ngopi Bareng dari Sebrang Istana' di Jakarta. Misalnya, kata Eddy, proyek bandara, jalan tol dan pembangunan pelabuhan lainnya.

Eddy pun mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya Jokowi layak disebut 'The Infrastructure President' yakni Presiden Infrastuktur. Jika ditinjau dari para presiden-presiden sebelumnya, hanya Jokowi yang berhasil merealisasikan sejumlah pembangunan besar yang berdampak cukup signifikan.

"Satu-satunya presiden yang berhasil membangun sejumlah sarana infrastruktur ya Pak Jokowi. Di Papua, beliau membangun akses jalan utama, begitupula di Sumatera. Di Sumatera, sejak republik ini berdiri, tidak ada jalan tol. Nah fakta seperti ini patut untuk diapresiasi, sebab dulu tidak ada sekarang sudah ada kemajuan seperti jalan tol," demikian Eddy memuji, Rabu (15/11).

Lalu wacana pengembangan industri berbasis maritim. Menurut Eddy, apabila pemerintah serius untuk mengembangkan industri tersebut, maka dibutuhkan sarana pra sarana yang menunjang.

"Apabila proyek ini ingin kita kembangkan, tapi tidak memiliki pelabuhan yang memadai dan cukup fasilitas, ya bagaimana? untuk menunjangnya, mau tak mau kita harus membangun sarana pelabuhan," tegas Eddy.

Begitupun dengan industri pariwisata. Eddy menegaskan langkah pemerintah membangun pelabuhan khusus wisata sangat tepat untuk kebutuhan sailing atau pelayaran.