Satroni Markas Parpol, KPU dan Bawaslu Ingin Verifikasi Parpol Efektif

MONITOR, Jakarta– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, Arief Budiman dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Abhan, mendatangi sejumlah kantor DPP Partai Politik untuk melengkapi berkas Verifikasi Faktual sebagai syarat untuk memenuhi kelengkapan data Parpol.

Arif mengatakan, langkah tersebut dilakukan penyelenggara dan pengawas pemilu sebagai upaya jemput bola agar proses verifikasi berjalan efektif dan lancar. “Proses verifikasi ini sama diberlakukan terhadap seluruh partai politik,” kata Arief saat diwawancarai di Kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan (29/01)

Adapun proses Verifikasi faktual terhadap sejumlah parpol yang pernah mengikuti Pemilu 2014. Ada 5 parpol yang akan diverifikasi untuk keikutsertaannya di Pemilu 2019.

Lima parpol yang diverifikasi di DPP masing masing terdiri dari parpol Nasdem, PBB, PAN, Hanura, dan Demokrat.

“Hasil verifikasi lima partai kemarin secara umum semua terpenuhi cuma ada satu, dua yang belum memenuhi syarat baru akan dilengkapi hari ini, Nah untuk hari ini kami belum bisa ambil kesimpulan karena sedang dalam proses,” tutur Arief

Dia menambahkan apabila ada Parpol yang belum bisa dilengkapi terhadap tujuh partai. Berdasarkan jadwal dan ketentuan KPU masih ada waktu tenggang untuk bisa melengkapinya sampai besok masa verifikasi. (30/01)

“Kami tentu berharap tujuh partai yang diverifikasi hari ini semua bisa menyelesaikan hari ini,” tandasnya 

Senada dengan hal tersebut juga diperkuat oleh ketua Bawaslu RI. “bawaslu memastikan bahwa verifikasi berjalan sesuai dengan ketentuan yang belaku,” tutup Abhan