Respon Sigap Rakyat Indonesia ke Etnis Rohingya Dipuji DPR

MONITOR, Jakarta – Respon positif masyarakat Indonesia di tanah air terhadap krisis Rohingya di Myanmar menuai apresiasi dari wakil rakyat. Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengaku dirinya salut atas bentuk kepedulian yang diperlihatkan masyarakat Indonesia saat ini.

Reaksi simpati ini, menurut dia, adalah suatu tindakan positif yang membuktikan bahwa bangsa Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai  kemanusiaan.

"Salut (karena) banyak lembaga sosial, organisasi masyarakat, elemen lintas agama hingga partai politik yang melakukan berbagai agenda penggalangan dukungan, baik secara moril maupun materiil berupa penggalangan dana kemanusiaan," kata Sukamta‎ di Jakarta, Jumat (8/9).

Menyinggung kabar salah satu ormas ingin memberangkatkan relawan dan simpatisannya untuk berperang ke Myanmar, Politikus PKS ini menilai hal tersebut merupakan letupan suatu emosi.

Kepada Pemerintah dan Militer Myanmar, Sukamta menyerukan supaya tidak menyepelekan kejahatan manusia, karena dikhawatirkan akan berdampak kepada negara tetangga.

Ia pun berharap, agar pemerintah bisa membantu kemudahan melancarkan bantuan kemanusiaan dari berbagai elemen masyarakat untuk bisa sampai ke korban dan pengungsi Rohingya dengan tepat.