Pesan Ketua DPD RI untuk Pengurus Kadin Indonesia

MONITOR, Jakarta – Ketua DPD RI,Oesman Sapta mendorong agar Kadin Indonesia berperan aktif dan bekerja keras untuk mendorong penciptaan atau penambahan 4 juta pengusaha baru. Pernyataan ini disampaikan Oesman Sapta dalam pengarahannya hari ini, Senin ( 10/7), kepada jajaran pimpinan pusat Kadin Indonesia yang dipimpin ketua umumnya Eddy Ganefo di gedung DPD RI .

OSO yang juga merupakan ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia mengkritik perilaku dan kinerja Kadin pada masa lampau yang hanya bicara tanpa hasil dan tidak pernah serius dalam upayanya untuk menciptakan jutaan pengusaha baru.

"Para pengurus Kadin masa lampau justru sibuk membesarkan usahanya sendiri melalui Kadin dan bukannya mengurusi kepentingan para pengusaha kecil dan menengah yang seharusnya menjadi tugas dan tanggung jawab utama Kadin sebagai organisasi pengusaha," katanya melalui siaran pers yang diterima, Selasa (11/70.

Dalam kesempatan ini juga ketua DPD RI, Oesman Sapta menyatakan kembali dukungannya kepada Kadin Indonesia yang dipimpin oleh ketua umumnya Eddy Ganefo. Hal itu akan diwujudkan oleh ketua DPD RI, Oesman Sapta berupa MOU yang mengikat antara Kadin Indonesia dengan DPD RI khususnya dukungan kepada program pemberdayaan bagi usaha kecil dan menengah agar mampu berkiprah dan semakin banyak di berbagai daerah.

"Kadin Indonesia harus mendorong peran Kadin yang ada di daerah untuk berperan maksimal baik di daerah dan juga di pusat. Ini penting untuk kepentingan berhasilnya program program Kadin Indonesia sendiri,"imbuhnya.

Selain itu, Oso juga mengingatkan agar Kadin Indonesia fokus pada pasar didalam negeri yang jumlahnya 250 juta, ketimbang terlena dan ikut latah mengurusi pasar ASEAN yang jumlahnya tidak sampai separuhnya dari jumlah penduduk Indonesia.

"Para pengusaha yang tergabung dalam Kadin Indonesia harus berpikir mengenai nilai tambah produk-produk lokal dan tidak boleh lagi sekedar menjual bahan mentah ke pasar Luar negeri,"tandasnya.

Sementara itu, Ketua umum Kadin Indonesia,Eddy Ganefo menyatakan penghormatan dan rasa terimakasih yang besar atas dukungan dan  tawaran kerjasama dari ketua DPD RI dan pihaknya menyatakan siap mengikuti saran dan arahan ketua DPD RI terkait pemberdayaan Kadin dan pengusaha daerah.

"Saya yakin dan percaya dengan kerjasama yang erat antara DPD RI dengan Kadin Indonesia ,maka program pihaknya akan semakin lancar dan berhasil dalam menjalankan programnya,"tutupnya.⁠⁠⁠⁠