Pantang Mundurnya MKD Bahas Pencopotan Setya Novanto

MONITOR, Jakarta – Belum adanya itikad Fraksi Golkar dalam menyikapi desakan pemberhentian Ketua DPR Setya Novanto tidak menghalangi kinerja Mahkamah Kehormatan Dewan  (MKD) untuk memprosesnya. Agenda jejak pandangan kemungkinan pencopotan Novantk dari setiap fraksi dipastikan berjalan.

"MKD akan tetap memproses kemungkinan-kemungkinan pencopotan Novanto sebagai Ketua DPR RI,” tegas Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (22/11).

Guna berjalan optimal, Politikus Partai Gerindra itu berharap sekretaris atau pimpinan dari masing-masing fraksi hadir menyampaikan pandangannya.

"Rapat internal agendanya adalah meminta pandangan fraksi-fraksi. Saya minta tidak diwakilkan, yang hadir sekretaris fraksi atau pimpinan fraksi," tegas Dasco.

Rupanya penekanan Dasco tersebut berdasar pada masih sibuknya para pimpinan fraksi di DPR melakukan Kunjungan Kerja (Kunker). Akhirnya rapat secara internal itu digeser pekan depan.

"Agenda rapat internal pimpinan fraksi minggu depan. Para pimpinan fraksi kebetulan minggu ini beberapa masih ada kunker di luar kota," ujarnya.