Netizen Geram, Blunder Gunawan Mohammad Posting Foto Amien Rais

Monitor, Jakarta—Akun twitter penulis kawakan sekaligus pengurus Komunitas Salihara, Gunawan Mohammad (@gm_gm) baru-baru ini mengunggah foto Mantan Ketua MPR RI Amien Rais yang tengah tertunduk. Di foto tersebut, @gm_gm menambahkan caption, “Tegaklah, Mas Amien Rais. Anda terima Rp 600 juta tapi belum tentu bersalah. Kita tak boleh cepat mencerca, bukan?

Di twit selanjutnya, setelah mendapat banyak sorotan dari netizen, Gunawan Mohammad menambahkan, “Amien Rais terima uang Rp 600 juta. Itu belum membuktikan dia korupsi. Saya mau katakan itu. Praduga tak bersalah itu penting. Kok marah2?” Dan kemudian ditutup dengan twit, “Sumbu pendek itu akalnya lembek.”

Baca (Amien Rais Batal Datangi KPK Hari Ini)

Berbagai tanggapan bermunculan dalam replay postingan mantan petinggi Tempo tersebut. Misalnya akun @jagadnuswantor1 membalas dengan komentar, “Gun, cobalah Anda itu jernih dan tdk bikin blunder. Ciptakan suasana sejuk bagi bangsa ini. Itu foto lg zikir sambil menunggu cucunya lahir.”

Sementara, akun @djallalluddin  mereplay dengan kalimat, “Kebencian thd Amin Rais sampai menjadikan foto suasana hati yg tegang kelahiran cucu jadi hal lain. Aku juga kdg beda dgn AR ttp tdk spt itu.”

Pembicaraan tentang sosok Amien Rais akhir-akhir ini memang santer, terutama ketika dirinya disebut oleh KPK diduga menerima uang aliran dari mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari sebesar Rp 600 juta. Menanggapi dugaan tersebut, Amien Rais pun berencana melaporkan dua tokoh besar KPK.

Baca: (Disebut Terima Aliran Dana Korupsi Alkes 2005, Ini Kata Amien Rais)

"Pada Senin (5/6), saya ingin bertemu Ketua KPK. Kalau bisa lengkap lebih bagus, setelah itu saya minta waktu untuk membuat laporan dugaan dua tokoh dalam kasus korupsi di negeri ini," kata Amien dilansir Antara, Jumat (2/6).