Menkominfo Sebutkan Syarat Jadi Pahlawan di Era Digital

MONITOR, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (MEnkominfo) Rudiantara mengatakan siapapun bisa menjadi pahlawan di era digital ini. Adapun caranya adalah dengan melakukan registrasi kartu prabayar dan tidak menyebarkan berita hoax atau palsu.

"Kita bisa menjadi pahlawan di era digital melalui dua cara yaitu dengan melakukan registrasi (kartu prabayar, red.) dan tidak mem-forward berita hoax. Jangan jempol lebih cepat dari pikiran, saring sebelum sharing," katanya dalam Acara Heroes Movement ID 2017 di Cilandak Town Square, Jakarta, Jumat (10/11).

Peringatan Hari Pahlawan bertajuk “Heroes Movement ID 2017” ini, Sambung Rudiantara, menjadi bagian dari upaya Kementerian Kominfo untuk menjaga momen dan semangat kepahlawanan masa lalu agar lebih mudah dipahami dan diteladani generasi muda kaum millenial di era digital saat ini.

Di depan para peserta Heroes Movement ID 2017, Mekominfo mengajak hadirin memanfaatkan momentum puncak bonus demografi Indonesia pada Tahun 2030.

"Di puncak bonus demografi, kondisi masyarakat yang usia produktif 2 (dua) kali usia non produktif. Jika penduduk 280 juta berarti ada 190 juta usia produktif. Disitulah yang harus dimanfaatkan," paparnya.

Pemerintah, menurut Menteri Rudiantara, telah mempersiapkan landasan menyambut Tahun 2030 dengan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan layanan tol informasi. "Untuk layanan informasi, melalui Program Palapa Ring pada Tahun 2019 semua kabupaten dan kota di seluruh Indonesia sudah terhubung dengan broadband," ungkapnya.

Menutup sambutannya Menkominfo kembali mengajak peserta melakukan registrasi kartu prabayar sebagai salah satu cara untuk menjadi pahlawan di era digital.