Langkah BPK Tindak Lanjuti Rekomendasi Hasil Pengawasan Itama

MONITOR, Jakarta  – Badan Pemeriksa Keuangan menyelenggarakan Forum Pemantauan Tindak Lanjut atas Hasil Pengawasan (PTLHP) Inspektorat Utama dan Reviu BPK Negara Lain Tahun 2017. Forum PTLHP dengan tema “Peningkatan Kualitas dan Manfaat Hasil Pemeriksaan BPK melalui Penerapan Praktik – praktik Terbaik” tersebut diselenggarakan selama 2 hari pada tanggal 25 dan 26 September 2017, di Jakarta.

Acara yang diawali dengan laporan kegiatan oleh Inspektur Utama, Mahendro Sumardjo tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara dan sekaligus memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat eselon I yang hadir serta peserta Forum PTLHP.

Peserta PTLHP tersebut terdiri dari seluruh Satuan Kerja (Satker) baik dari lingkungan BPK pusat maupun BPK perwakilan. Diharapkan dengan adanya forum ini dapat menetapkan posisi dan status pelaksanaan tindak lanjut atas rekomendasi hasil pengawasan Itama dan hasil reviu BPK Negara lain, menyamakan pemahaman atas kendala dan permasalahan yang dihadapi Satker dalam menindaklanjuti rekomendasi, serta meningkatkan kualitas pemeriksaan dan kelembagaan BPK melalui pemahaman dan penerapan praktik–praktik terbaik atau best practices.

Selain melakukan pemantauan tindak lanjut hasil pengawasan Itama, pada forum tersebut para peserta juga memperoleh pencerahan dan berdiskusi dengan para narasumber terkait penerapan praktik-praktik terbaik untuk meningkatkan kualitas dan manfaat hasil pemeriksaan BPK.