Lakukan OTT Pungli SIM, Kinerja Propam Mabes Polri Diapresiasi

MONITOR, Jakarta – Cirta Kepolisian Republik Indonesia tercoreng. Itu setelah pada Senin (12/2) lalu Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP I Nengah Adi Putra dan Kepala Unit Regident Satlantas Polres Metro Bekasi AKP Hery Priyatno terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Propam Mabes Polri dengan dugaan Pungli SIM. Propam berhasil mengamankan uang sebesar Rp 61 juta. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Mulfachri Harahap memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan Propam Mabes Polri itu, "Waduh saya kira itu sesuatu yang harus di apresiasi dong," ujar Mulfachri saat dikonfirmasi, Jakarta (15/2).

Menurutnya, Jarang sekali ada pimpinan di tingkat wilayah jajaran kepolisian yang berani mengambil sikap seperti yang dilakukan oleh kapolresta bekasi, dan dia menyebut hal itu sesuatu yang patut untuk di apresiasi.

"Kalo semua kapolres punya mentalitas yang sama dengan yang dilakukan oleh kapolresta bekasi saya kira sebagian hal yang dikeluhkan oleh masyarakat dari kinerja polri sehari hari bisa terselesaikan sebagian ya," tutur Mulfachri. 

Atas kejadian tersebut Mulfachri yang duduk di Komisi III membidangi Hukum.  menghimbau, agar semua pimpinan di tingkat wilayah baik kapolres maupun kapolda memiliki mentalitas yang sama seperti yang dimiliki oleh kapolresta bekasi, dengan begitu sebagian persoalan yang menjadi problem sehari hari dimasyarakat bisa terselesaikan.

"Selama ini kan dari masyarakat khususnya pengguna jalan, ya itu tadi, soal pungli ya. Soal pungli yang tidak hanya dilakukan oleh petugas kepolisian tapi juga banyak pihak yang memiliki kewenangan untuk mengatur lalu lintas di jalan raya sering sekali melakukan hal yang tidak terpuji seperti yang kita ketahui bersama," tegas Politisi PAN itu.

“Jadi saya kira ini sesuatu yang patut di apresiasi dan kasatlantasnya harus mau juga terbuka, apakah budaya pungli ini sudah dilakukan sejak lama atau gimana,” tutupnya.