Ketua DPD RI Ajak Warga Pontianak Lestarikan Budaya Lokal

MONITOR, Pontianak – Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang mengajak masyarakat Pontianak  dan Kalimantan Barat untuk terus mencintai dan melestarikan budaya lokal. Dalam kegiatan sosialisasi empat pilar, Ketua DPD RI ini berharap masyarakat semakin mengenal luas seni budaya warisan nenek moyang. 

"Kalau kita tak kenal mana mungkin kita sayang. Karena itu acara ini sangat baik, agar masyarakat makin mengenal dan mencintai hasil seni budaya nenek moyangnya sendiri," ujar Oesman Sapta di Teater Terbuka Taman Budaya Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (29/11). 

Politikus yang akrab disapa Oso ini mengatakan, bangsa Indonesia saat ini menanti lahirnya pahlawan di era globalisasi. Tetapi pahlawan yang ditunggu adalah pahlawan pembangunan, pahlawan kesejahteraan dan pahlawan persatuan, bukan pahlawan perang. 

"Jangan minder karena merasa berasal dari suku kecil, atau sombong karena sukunya besar. Di Indonesia semua sama,  karena kita sama-sama memegang Pancasila. Mari kita kawal Pancasila, jangan coba-coba mengganti pancasila dengan dasar dan ideologi apapun", ujarnya lagi. 

Sementara itu, Wakil Sesjen MPR RI Selfi Zaini dalam laporannya antara lain mengatakan, pagelaran seni budaya adalah salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar MPR. Penggunaan seni budaya dalam kegiatan sosialisasi, diharapkan bisa mendekatkan masyarakat dengan seni budaya daerah setempat. Setelah itu diharapkan, masyarakat bisa berkontribusi dalam menjaga dan melestarikan seni budayanya sendiri.