Jokowi: Tugas Guru Adalah Menjalankan Misi Kemanusiaan

MONITOR, Bekasi – Pada perayaan puncak Hari Guru Nasional, Presiden Joko Widodo menitipkan masa depan bangsa kepada guru-guru yang mengajar di seluruh daerah di Indonesia.

"Kepada guru saya titip untuk terus mendedikasikan diri bukan sekadar mengajar, menjalankan profesi. Saya titipkan masa depan bangsa ini kepada guru," kata Jokowi dalam pidatonya saat menghadiri perayaan puncak Hari Guru Nasional dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu.

Menurut Presiden, tugas guru adalah memupuk dan menerangi siswa-siswi untuk membangun jiwa yang sehat, matang, dan memahami Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, Presiden Jokowi menjelaskan tugas guru tidak dapat tergantikan oleh kecanggihan teknologi karena selain mengajarkan akademik, guru juga mengajarkan kebaikan kepada generasi muda.

Pendidikan karakter yang dapat dilakukan oleh guru adalah menjalankan misi kemanusiaan dan keberadaban dengan menggali, menyadarkan, dan mengajak serta menggerakkan jiwa anak didik pada kebenaran dan kebaikan.

"Peringatan Hari Guru Nasional ini harus kita jadikan momentum untuk berbenah menyiapkan generasi muda yang tanggap dan tangguh," ujar Presiden.