Jokowi Minta Pedagang Batik Hingga Wedang Ronde Ramaikan Rest Area

Presiden Joko Widodo meresmikan ruas tol Kartasura - Sragen di Jawa Tengah (setkab)

MONITOR, Kartasura – Presiden Joko Widodo menaruh harapan besar usai diresmikannya ruas Tol Kartasura – Sragen, Jawa Tengah, pada Minggu (15/7) kemarin. Jokowi, demikian sapaannya, mengatakan keberadaan rest area di tol tersebut harus dimanfaatkan bagi pelaku ekonomi.

“Khusus mengenai rest area di sepanjang jalan tol ini, saya berharap penggunaannya bisa meningkatkan geliat ekonomi rakyat,” kata Jokowi.

Seperti yang ditekankan Menteri BUMN Rini Soemarno kepada perusahaan BUMN beberapa waktu lalu, bahwa pelaku industri UKM harus berperan serta menggenjot perekonomian di sekitar area tol. Pun demikian ditegaskan Jokowi, rest area bisa dimanfaatkan untuk pemasaran produk-produk lokal UMKM.

“Titik-titik di rest area agar diisi oleh produk-produk lokal, dari batik, makanan, sampai minuman wedang ronde,” pinta Jokowi.

Lebih lanjut, kakek dari Jan Ethes ini menuturkan, ruas tol sepanjang 35 km ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang secara bertahap mulai tersambung dari Merak jingga Banyuwangi. Kedepan, adanya tol Trans Jawa ini akan mampu menurunkan biasa logistik dan memperlancar mobilitas orang dan barang.

“Jalan tol ini akan memperlancar mobilitas barang, mobilitas orang, dan bisa menurunkan biaya logistik,” tegas Jokowi.