Jokowi, JK hingga Cak Imin masuk Kategori Mahasantri Bhakti Negeri 2017

MONITOR, Jakarta – Tiga hari polling Santri of The Year 2017 dibuka, hasil sementara sangat mengejutkan. Puluhan ribu voters telah memilih Tokoh Santri dan Pesantren jagoannya. Dan hingga saat ini telah mencapai 70 ribu voter.

Ada dua kategori nominasi yang tidak dibuka untuk polling, yaitu kategori Mahasantri Bhakti Negeri dan Santri Mengabdi Sepanjang Hayat. Pertanyaan muncul kenapa kedua kategori tersebut tidak dibuka secara umum? 

Menurut informasi pihak penyelenggara, Islam Nusantara Center (INC), keduanya masih dalam kajian tim juri. Ini karena dua kategori ini terbilang spesial, perlu pengkajian secara komprehensif karena harus meliputi multi bidang dan  perannya yang sangat strategis.

Meski begitu, panitia tetap memperhatikan usulan-usulan sebelumnya yang masuk dari Netizen. Bocoran dari panitia, untuk kategori Mahasantri Bhakti Negeri muncul nama-nama seperti Jusuf Kalla, Ir. Joko Widodo, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Chairul Tanjung, Zulkifli Hasan, Romihurmuzy, Anis Matta dan lain sebainya. 

Sedangkan kategori Santri Sepanjang Hayat, jika tahun kemarin Gus Dur terpilih, tahun ini yang sedang dikaji oleh tim juri  muncul nama seperti KH Saifuddin Zuhri, KH. Sahal Mahfudz, KH. Zubair Dahlan, KH. Ali Makshum Krapyak dan lain sebagainya.

Tokoh santri yang terpilih dalam kedua kategori tersebut, akan diumumkan langsung oleh panitia di hari pelaksanaan, tepat pada peringatan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2017. Sementara, kategori lainnya masih di polling di website jaringansantri.com sampai 15 Oktober 2017.