Ini Faktor Penggerus Elektabilitas Jokowi di Pilpres 2019

MONITOR, Jakarta – Pengamat politik Ray Rangkuti mengatakan penetapan Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP oleh KPK, tak akan mempengaruhi peta dukungan Partai Golkar kepada pemerintah. 

Dengan begitu, Ray menegaskan Presiden Joko Widodo perlu ketegasan untuk tidak memberikan dukungan kepada tersangka korupsi apalagi berniat melindunginya.

Lebih jauh Ray menyatakan, ketegasan Jokowi akan memberikan penilaian positif di mata publik. "Presiden Jokowi harus mendukung penuh langkah yang dilakukan KPK dalam memberantas kasus-kasus korupsi tanpa tebang pilih. Setya Novanto merupakan salah satu figur saja di Golkar tapi bukan berarti secara langsung bisa mempengaruhi dukungan partai tersebut kepada pemerintah," ujar Ray dalam keterangan tertulis yang diterima Monitor.

Ketua Lingkar Madani ini menjelaskan, ada beberapa hal yang mampu menggerus elektabilitas Jokowi di waktu mendatang. Dia menyebutkan salah satunya apabila Jokowi tidak tegas atau tebang pilih dalam kasus pemberantasan korupsi.

"Dan seperti kita ketahui saat ini, Jokowi tidak memberikan dukungan kepada Setya Novanto yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Hal lainnya, apabila proyek infrastruktur yang sedang berjalan tidak diselesaikan atau mangkrak semua. Dan terakhir apabila Jokowi tidak segera memperbaiki kesenjangan ekonomi yang sedang terjadi di masyarakat. Hal itulah yang mampu menurunkan elektabilitas Jokowi," katanya.