Gelar Rakernas, PAN Akan Tentukan Sikap Politik terkait Pilpres 2019

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Umum DPP PAN Taufik Kurniawan mengatakan, kondisi perpolitikan hari ini akan terus menjadi pertimbangan partainya di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) nanti.

Termasuk, sambung dia, mengenai kemungkinan sikap partai berlambang matahari putih itu untuk bergabung dalam koalisi yang sudah ada, atau memilih membentuk poros baru.

"Akan menjadi pertimbangan di dalam Rakernas, karena tergantung pada seluruh peserta," kata Taufik di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (16/4).

Dikatakan dia, saat ini semua kemungkinan masih dapat terjadi, salah satunya ketika suatu koalisi sudah memenuhi syarat presidential Threshold sebesar 20 persen.

"Jadi disitu saja, apakah mau dua pasangan, tiga pasangan ataukah mau calon tunggal diharapkan itu diharapkan jangan calon tunggal masa kayak Pilkades. Pilkades kan lawan bumbung kosong, masa lawan presiden RI 250 juta orang lawan bumbung kosong ini terlalu naif, paling tidak harus ada dua atau tiga pasangan. Silahkan enggak ada masalah. kita mau dukung siapa itu demokrasi. kita hormati," ujarnya.

"Tapi kalau kemudian suasana politik ini kondisinya tidak kita jaga bersama-sama, tentunya akan mengarah potensi adanya perpecahan bangsa, itu yang tidak kita harapkan terjadi," pungkas Wakil Ketua DPR RI itu.