Fahri Sebut Amien Rais Layak Dicalonkan seperti Mahathir

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bersama Amien Rais dan beberapa tokoh PAN dalam agenda refleksi reformasi (dok: Zul Monitor)

MONITOR, Jakarta –Kemenangan Mahathir Muhammad dalam pemilihan umum (Pemilu) Malaysia kemarin, menunjukkan adanya keinginan rakyat yang tidak dapat dibendung dalam sebuah negara yang menganut demokrasi dalam menentukan pemimpinnya.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengungkapkan, fenomena pesta demokrasi yang terjadi di Malaysia kemungkinan dapat terjadi Indonesia pada Pilpres 2019 nanti.

“Saya terkadang berfikir, setelah melihat perdana menteri Mahathir yang berumur 93 tahun terpilih. Jangan-jangan, Pak Amien Rais bisa juga diajukan untuk menjadi presiden,” kata Fahri saat memberikan sambutannya dalam acara ’20 Tahun Refleksi Reformasi’, di Komplek Parlemen, Senayan, Senin (21/5).

Menurut Fahri, figur seorang Amien Rais sangat mengetahui secara rinci desain dan cita-cita dari demokrasi yang diperjuangkan pada saat reformasi ’98, ketika itu.

“Saya ingin mengatakan angkatan mahasiswa waktu itu (’98) kenapa kemudian mahasiswa mengangkat Pak Amien, karena saat itu, hanya dia yang kemudian bicara mengenai perlunya suksesi kepemimpinan nasional, dan itu dicatat sejarah,” pungkasnya.