Bawaslu Ingatkan Parpol Lebih Cermat Saat Pendaftaran Pemilu 2019

MONITOR, Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengingatkan partai politik (Parpol) calon peserta pemilu 2019 mempersiapkan data dengan dengan cermat, yakni agar proses verifikasi bisa diterima.

"Kami mengingatkan rekan-rekan Parpol untuk benar-benar siapkan segala sesuatu dengan cermat," ujar Abhan di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

Ya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka proses pendaftaran Parpol calon peserta pemilu 2019 sejak 3 Oktober 2017 lalu. Setelah pendaftaran selanjutnya akan dilakukan verifikasi pada Parpol yang terdaftar.

Sejalan dengan hal itu, hari ini Bawaslu melakukan sosialisasi pengawasan tahapan pendaftaran dan verifikasi Parpol yang dilakukan di Hotel A One, Menteng, Jakarta. Dengan demikian diharapkan Parpol dapat men-update data yang dimiliki agar tidak ada data fiktif saat proses pendaftaran.

"Mudah-mudahan ketika pendaftaran dan verifikasi berjalan lancar, tidak ada sengketa proses. Kalau ada sengketa proses, itu kewajiban kami," tegasnya.