Bangkitkan Generasi Muda Cinta Pertanian Melalui Agro Inovasi Fair 2017

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan kembali mengadakan kegiatan “Agro Inovasi Fair” (AIF), yang akan diadakan pada tanggal 22-26 November 2017 bertempat di Mall Botani Square, Bogor. Acara ini merupakan ajang untuk mempromosikan teknologi pertanian dan IPTEK terkini. 

Mengingat kesuksesan yang diraih selama 2 (dua) tahun berturut-turut pada penyelenggaraan Agro Inovasi Fair sebelumnya, maka pada tahun ini Balitbangtan kembali akan memperkenalkan teknologi-teknologi inovatif terbarunya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, AIF selalu mengadakan promosi di pusat perbelanjaan, hal ini diharapkan agar pertanian tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang harus selalu berada di lapangan, tetapi juga layak untuk diperkenalkan di pusat perbelanjaan. 

Selain itu, diharapkan masyarakat awam, khususnya generasi muda, dapat melihat langsung dan mengenal perkembangan IPTEK di bidang pertanian.

“AIF 2017 akan menggelar berbagai macam kegiatan, diantaranya expose teknologi pertanian, klinik agribisnis, peragaan teknologi, temu bisnis, coaching clinic kopi nusantara, talkshow, dan aneka lomba” terang Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian, Retno Sri Hartati Mulyandari selaku penanggungjawab AIF 2017. Lebih lanjut dijelaskan bahwa expose teknologi pertanian akan menghadirkan mulai dari bibit, pupuk hayati, biopestisida, alat mesin pertanian, teknologi pertanian perkotaan, hingga beragam produk olahan. 

Pengunjung juga dapat mengikuti berbagai macam peragaan teknologi yaitu, perawatan anggrek, kultur jaringan, inseminasi buatan ayam kampung unggul Balitbangtan, hidroponik dan aeroponik, olahan sayuran menjadi smoothie, pembuatan biopestisida, serta olahan sorghum dan hanjeli. 

Rangkaian peragaan teknologi tersebut dilengkapi juga dengan baking class roti cassava dan coaching clinic kopi nusantara. Acara peragaan teknologi ini sangat diminati masyarakat, terlihat dari sangat antusiasnya para masyarakat yang sudah mendaftar untuk mengikuti peragaan teknologi sesaat setelah pendaftaran dibuka melalui medsos.

Pelaku usaha sebagai mitra kerjasama Balitbangtan pun ikut berperan penting dalam perkembangan dan penyebaran teknologi inovatif Balitbangtan. Maka dari itu, pada penyelenggaraan AIF kali ini akan dilaksanakan temu bisnis, yang akan mengangkat topik Mangga Agri Gardina dan Mangga Gadung 21, Cabai rawit Prima Agrihorti dan Rabani Agrihorti, serta pupuk hayati, biosinta, dan biopestisida. AIF juga dimeriahkan dengan 3 (tiga) jenis lomba yang berhadiah jutaan rupiah, yaitu VLOG contest, lomba merangkai terrarium, dan lomba inovasi pangan lokal, yang menyasar generasi muda mulai 15 hingga 30 tahun. 

AIF 2017 akan dibuka oleh Kepala Balitbangtan, M. Syakir, pada Sabtu, 25 November 2017. Keesokan harinya akan dirangkai dengan acara talkshow wirausahawan muda pertanian, dengan narasumber Robert Budianto (Java Fresh), Ali Irfan (Agrisocio), dan Rio Erlangga (Cipta Agri Pratama). 

Keseluruhan rangkaian kegiatan AIF 2017 diharapkan dapat membangun rasa keingintahuan dan kecintaan generasi muda terhadap perkembangan pertanian Indonesia, dan mendorong generasi muda untuk terus berkreasi dan menggali potensi pertanian Indonesia. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai AIF 2017 dapat diikuti melalui media sosial instagram (@aif2017.kementan) atau facebook (agro inovasi fair kementan).