Amien Rais Jamin PAN Tak Bakal Dukung Jokowi di Pilpres 2019

MONITOR, Jakarta – Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga merupakan salah satu pendiri PAN, Amien Rais, mengatakan dalam perhelatan pemilu pemilihan presiden 2019 tidak akan ada poros ketiga. Bahkan menurutnya pilpres 2019 akan terulang pertarungan antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. 

“Poros ketiga itu hanya untuk membuat rame aja. Pasti head to head. Menurut saya akhirnya pak Jokowi menghadapi pak Prabowo rematch,” kata Amien Rais,” di Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat (20/4).

Menurutnya, yang lebih terpenting saat ini ialah dari masing-masing kandidat calon presiden tersebut harus lebih jeli melihat calon wakil presiden yang akan dipilih untuk mendampingi pada perhelatan pilpres mendatang.

“Jadi menurut saya yang penting sekarang ini masing-masing memang harus jeli melihat siapa wapresnya nanti. Kalo bisa chemistry-nya itu pas, bisa booming ya istilahnya. Kalo ternyata wapresnya tidak diterima itu bisa gembos itu. Jadi saya kira head to head. Tidak akan pernah ada poros ketiga. No way!,” ujarnya.

Dengan begitu, ia menegaskan saat ini sekarang tinggal gimana caranya dari masing-masing kandidat pasangan calon bersaing secara sehat dan dalam berkompetisi harus gentle dan sportif.

“Menurut saya itu, kita sekarang berkompetisinya itu harus gentle. Jangan main gertak pake hukum, jangan menyuap sana sini, jangan menggunakan fitnah sana sini, Kalo yang menang, menanglah dengan gentlement dan objektif, menangnya juga akan memuaskan, menang pun juga gak ada masalah. Karna itu memang demokrasi. Kadang menang kadang-kadang kalah,” tandasnya.

Amien menambahkan dalam hal koalisi ia mengaku kalau PAN arahnya sudah jelas bahwa tidak akan mengusung jokowi. Kata dia, jadi tidak ada wacana kalau PAN bermain dua kubu.

Enggak.. enggak ini koalisi ya satu aja ko, menteri menpan itu koalisi-koalisian lah ya, ga ada. Tapi saya bisa menjamin tidak mungkin PAN dukung pak Jokowi lah ya,” pungkasnya.