Momen Blusukan Jokowi dan Iriana di Negeri Ginseng

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengunjungi istana Changdeok di Seoul (dok: IG)

MONITOR, Seoul – Kunjungan ketiga kali Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan selalu disambut meriah. Presiden Moon Jae-in dan masyarakat Korsel menyambutnya dengan penuh antusias.

Kunjungan kali ini, merupakan agenda diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan yang sudah terjalin selama 45 tahun. Terbaru, kedua negara ini bersepakat untuk meningkatkan hubungan di sektor Perdagangan dan Investasi.

Tak menyia-nyiakan kesempatan, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana ikut blusukan saat bertandang ke negeri ginseng itu.

Usai menghadiri jamuan santap malam kenegaraan di Blue House, Seoul, keduanya diajak Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan, Kim Jung-sook, untuk blusukan.

Presiden dan Ibu Iriana bersama Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook melihat taman yang dipenuhi bunga dengan cahaya lampu (dok: Kemensetneg)

Lokasi yang dipilih adalah kawasan Dongdaemun. Tiba pukul 20.30 waktu setempat (WS), Presiden dan Ibu Iriana bersama Presiden Moon Jae-in dan Ibu Kim Jung-sook melihat taman yang dipenuhi bunga dengan cahaya lampu.

Tak lama setelah itu, mereka berjalan kaki menuju sebuah pusat perbelanjaan. Saat berjalan kaki banyak warga yang terkejut melihat kedua kepala negara berada dekat mereka.

Bahkan, saat Jokowi melihat-lihat ragam jas di sebuah gallery fashion, masyarakat yang memadati mall tersebut mengerumuni orang nomor satu di Indonesia itu.