Selidiki Video Pengakuan Penculikan, Pagi Ini KPAI Kunjungi SDN 01 Tanjung Duren

MONITOR, Jakarta – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terdorong untuk menyelidiki video viral yang menunjukkan pengakuan seorang anak bersama dua temannya tentang percobaan penculikan. Berdasarkan keterangan Komisioner Bidang Pendidikan Retno Listyarti, KPAI akan mendatangi SDN 01 Tanjung Duren hari ini, Jumat (15/9) pukul 08.00 WIB.

Retno menyatakan, dalam kunjungan tersebut KPAI akan memantau perkembangan anak yang diduga melakukan kesaksian hoax dalam video tersebut.

"KPAI juga akan membantu memastikan bantuan psikologis kepada ketiga anak dalam video tersebut jika dibutuhkan," ujar Retno dalam keterangan yang diterima, Jumat (15/9).

Pada kunjungan nanti, KPAI akan bertemu dengan Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Komite Sekolah. Bahkan Retno menyatakan KPAI juga akan menemui keluarga ketiga anak tersebut demi membicarakan pencegahan pembullyan dari lingkungan sekitar, sebab peran keluarga sangat penting.

"Yang lebih penting KPAI akan mendorong sekolah dan lingkungan di sekitar anak untuk tidak melakukan bully pada ketiga anak tersebut," ujar Retno menegaskan.

Sekadar informasi, dua komisioner KPAI yaitu Retno Listyarti selaku Bidang Pendidikan dan Ai Maryati Solihah Komisioner Bidang Trafficking Dan Eksploitasi akan melakukan pengawasan langsung ke SDN 01 Tanjung Duren. Kunjungan ini dilakukan pada Jumat, 15 September 2017 pukul 08.00 WIB.