SAPUHI Resmi Jadi Organisasi Haji dan Umrah di Indonesia

organisasi Serikat Penyelenggara Umroh Haji Indonesia (SAPUHI)

MONITOR, Jakarta – Penyelenggaraan pelaksanaan ibadah umroh dan haji telah lama menjadi satu isu penting yang mengundang perhatian, hal tersebut berkisar pada masalah penyelenggaraan yang kurang optimal. Maka dari itu penyelenggara umroh-haji khusus membentuk sebuah organisasi Serikat Penyelenggara Umroh Haji Indonesia (SAPUHI).

Sebagai sebuah organisasi resmi, SAPUHI bertujuan untuk membina dan memberdayakan seluruh anggotanya agar menjadi penyelenggara umroh-haji khusus dan inbound yang amanah, bertanggung jawab, berwibawa, dan profesional.

Kementerian Agama RI pun turun serta membantu menemukan titik penyelesaikan dari Polemik dan pada akhirnya Kementerian Agama RI memberikan usulan untuk diadakan Musyawarah Luar Biasa (MUNASLUB) agar Polemik Dualisme Kepemimpinan ASPHURINDO berakhir.

Sehubungan dengan usulan MUNASLUB yang disampaikan oleh Kementerian Agama RI terkait Polemik Dualisme Kepemimpinan ASPHURINDO yang tidak kunjung selesai, karena banyak hal yang kurang sesuai jika MUNASLUB diadakan dengan berbagai alasan atas dasar ini Pengurus ASPHURINDO memutuskan untuk membuat Asosiasi Baru dengan nama SAPUHI (Sarikat Penyelenggara Umroh Haji Indonesia). Adapun alasan-alasan tersebut diantaranya:

A. Polemik Dualisme Kepemimpinan ASPHURINDO yang tidak kunjung selesai
B. Jika MUNASLUB diselenggarakan, Ketua Umum tidak bisa dijabat kembali oleh Syam Resfiadi maupun Magnatis Chaidir hal tersebut kemungkinan besar tidak dapat diterima oleh anggota Asphurindo.
C. Adanya hak Paten terkait logo ASPHURINDO atas nama Hafidz Taftazani hal tersebut bertentangan dengan kode etik organisasi dan akan mempengaruhi roda organisasi yang berjalan dalam tubuh ASPHURINDO
D. Dengan terbentuknya Asosiasi Baru Pengurus memiliki harapan tidak akan terjadi kembali pengambilan hal organisasi yang bersifat individual dan kesewenang-wenangan perilaku pimpinan.

Ketua umum DPP SAPUHI Drs. H. Syam Resfiadi menyatakan bahwa SAPUHI mempunyai Visi sebagai organisasi yang berwibawa dan profesional dalam membina dan memberdayakan anggotanya sebagai penyelenggara ibadah umrah , haji khusus dan inbound yang bersatu padu melayani seluruh umat Islam Indonesia dalam penyelenggaraan Umroh , Haji khusus dam Inbound di Indonesia.

Sedangkan misi SAPUHI yaitu mewujudkan penyelenggaraan ibadah umrah , haji khusus dan inbound Indonesia yang bertanggung jawab, Amanah , nyaman dan profesional dengan perpedoman Alquran dan sunnah Rasulullah SAW.